Yang Kesepian Yang Lebih Banyak Menghabiskan Waktu di Facebook

A smartphone user shows the Facebook application on his phone in Zenica, in this photo illustration

Apakah Facebook membuat Anda kesepian? Apakah Anda justru sedang kesepian kemudian mencari kesibukan atau hiburan di Facebook?

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa jejaring sosial Facebook menarik orang yang terisolasi (kesepian) untuk mencari persahabatan. Perasaan kesepian membawa pengguna untuk mencari persahabatan di Facebook, tetapi Facebook tidak membuat orang merasa terisolasi. Para ahli menemukan kesepian seseorang karena mereka semakin lama menghabiskan waktu di Facebook.

Peneliti menganalisis koleksi penelitian terhadap Facebook dan menyimpulkan bahwa terdapat hubungan antara Facebook dan kesepian. Hubungan tersebut adalah karena perasaan kesepian membawa pengguna untuk mencari persahabatan di Facebook, bukan Facebook yang membuat orang merasa terisolasi atau kesepian.

Profesor Hayeon Song seorang asisten profesor di  University of Wisconsin-Milwaukee (UWM) menemukan bahwa kesepian seseorang karena mereka semakin lama menghabiskan waktu di Facebook.

Dibandingkan dengan orang-orang yang tidak kesepian, orang yang kesepian menghabiskan lebih banyak waktu di Facebook. Orang kesepian yang malu atau memiliki dukungan sosial yang rendah bisa berpaling ke Facebook untuk mengkompensasi kurangnya keterampilan sosial dan/atau jaringan sosial dalam hal tatap mukalangsung. Artinya mereka yang secara offline jauh dari orang lain atau merasa tidak cukup mampu untuk bersosialisi dan memiliki sedikit hubungan akan mencari pelampiasan di Facebook dengan mencari teman di sana.

Hal yang menarik dari penelitian tersebut adalah bahwa penelitian tersebut mendukung dan sekaligus mengoreksi studi paradoks internet yang merupakan salah satu penelitian yang paling berpengaruh dalam penelitian internet yang dihasilkan oleh para peneliti di Carnegie Mellon University.

Untuk pertanyaan apakah internet meningkatkan disfungsi psikologis seperti kesepian, studi paradoks internet menunjukkan bahwa penggunaan internet memiliki efek merugikan. Studi yang dilakukan oleh  Profesor Hayeon Song mendukung hal ini bahwa penggunaan internet berhubungan dengan kesepian.

Namun Profesor Hayeon Song menemukan arah yang berbeda. Orang yang kesepian menghabiskan lebih banyak waktu di internet, bukan karena menggunakan internet membuat orang kesepian. Dia mengatakan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyelidiki temuan apakah orang-orang muda mengkompensasi kesepian dengan cara yang sama dengan cara  orang yang lebih tua lakukan.

Sumber: DailyMail