7 Langkah Menjauhkan iPhone dari Hacker

iphone 6 plus

iPhone Anda barang yang berharga karena tidak saja harganya mahal, tetapi juga informasi di dalamnya mungkin saja sangat sensitif. Untuk itu, sudah seharusnya iPhone tersebut dijauhkan dari jangkauan hacker. Bagaimana caranya?

1. PIN atau Fingerprint Security

Sangat berbahaya membiarkan iPhone Anda terbuka tanpa satu kunci untuk melindunginya. Terlebih iPhone digunakan untuk banyak hal, email, chatting, dan terkadang belanja dan kegiatan perbankan. Untuk itu kunci iPhone Anda dengan PIN atau Fingerprint.

2. Gunakan Passphrase

Jika Anda menginginkan perlindungan lebih baik daripada sekadar PIN, gunakan Passphraes. Cara mengaktifkannya adalah dengan tekan Setting, lalu Touch ID & Passcode, lalu matikan Simple Passcode. Dengan mematikan Simple Passcode akan memungkinkan Anda untuk membuat kode akses yang lebih panjang dan lebih kompleks dengan huruf besar dan huruf kecil, angka dan simbol lainnya.

3. Self Destruct

Jika Anda benar-benar serius menjauhkan hacker dari iPhone, Anda harus mencoba untuk memasang self destruct. Sama halnya dengan menentukan Passphrase, di bagian setting hidupkan fitur Erase Data. Nantinya data yang ada di iPhone akan terhapus dengan sendirinya jika seseorang salah memasukkan PIN sebanyak 10 kali. Jika Anda menggunakan Touch ID, Anda punya tiga kesempatan untuk dikenal Touch ID-nya kemudian akan di-revert ke PIN.

4. Pengaturan Privasi

Anda memiliki puluhan aplikasi yang terinstal pada iPhone dan semua aplikasi tersebut memiliki akses ke berbagai fitur atau data pada iPhone. Beberapa aplikasi dapat mengakses kamera, mikrofon lain, beberapa aplikasi lain bahkan mungkin bisa melihat foto-foto Anda. Anda harus memberi masing-masing aplikasi izin untuk melakukan berbagai hal. Jika Anda pandang sebuah aplikasi terlalu jauh mengulik data di iPhone, jangan pasang aplikasi tersebut.

5. Matikan Notifikasi

Kemampuan untuk melihat ringkasan pemberitahuan pada layar yang terkunci berguna, tetapi hal tersebut juga bisa membuka data pribadi atau rahasia sehingga Anda bisa berada dalam kesulitan. Ingat, notifikasi akan menampilkan isi dari pesan yang Anda terima, kalender kegiatan untuk hari itu dan berbagai hal lainnya.

6. Matikan Siri

Sama halnya dengan notifikasi, Siri juga bisa membuka data pribadi atau hal yang bersifat rahasi dari iPhone Anda. Jika seorang hacker menemukan tanpa pengawasan, ia bisa menggunakan fitur Siri untuk menanyakan berbagai hal termasuk informasi pribadi.

7. Ketik Manual

Fitur AutoFill sebenarnya cukup menolong. Setiap kali Safari menemukan boks yang meminta nama, username, password atau rincian kartu kredit, fitur AutoFill akan mengisinya otomatis. Hal ini baik-baik saja, kecuali jika orang lain menggunakan ponsel Anda. Agar orang lain tidak bisa mengkompromikan hal ini, ada baiknya fitur AutoFill tersebut dimatikan.

Sumber: Diolah dari The Telegraph

Sumber Gambar: examiner.com