Aplikasi Pembunuh Baterai Smartphone Android

 

Facebook App for Android

 

Daya tahan baterai masih menjadi hal yang sangat diperhatikan oleh pengguna perangkat bergerak, khususnya smartphone atau tablet. Perusahaan pun sebenarnya tidak tinggal diam dengan menambah kekuatan baterai. Kini ada smartphone dengan baterai berkekuatan 5.000 mAh sehingga mungkin cukup tahan untuk digunakan beberapa hari.

Sayangnya, kekuatan baterai yang besar tersebut belum tentu banyak berguna karena adanya aplikasi-aplikasi yang membunuh daya tahan baterai. Artinya terdapat banyak aplikasi yang menghabiskan daya baterai sangat banyak dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Sebuah penelitian baru-baru ini yang dilakukan oleh AVG yang mengambil data anonim satu juta pengguna smartphone Android menunjukkan bahwa aplikasi media sosial Facebook merupakan aplikasi pembunuh kinerja baterai Android nomor satu. Setelah Facebook, aplikasi Path, 9GAG Funny Pics & Videos, Instagram, Spotify Music, dan BBM (BlackBerry) berturut-turut berada pada posisi dua sampai enam.

Aplikasi pembunuh baterai tersebut termasuk juga aplikasi pre- install yang diikutkan oleh produsen yang merilis perangkat. Untuk kategori ini, aplikasi pre-install dari Samsung AllShareCast Dongle S/W Update dan ChatON Voice & Video Chat berada pada posisi pertama dan kedua.

Dengan makin banyaknya pengguna yang memainkan game, tidak dipungkiri bahwa aplikasi game juga termasuk aplikasi yang membunuh daya tahan baterai. Untuk kategori ini game Puzzle & Dragons (GungHo Online Entertainment), Hay Day (Supercell), dan Candy Crush Saga (King) berada di posisi pertama, kedua, dan ketiga.

Jika dilihat dari sisi kinerja, aplikasi Facebook ternyata memakan daya baterai cukup besar sehingga baterai cepat habis. Tentu saja hal ini terkait dengan aplikasi itu sendiri dan intensitas pemakaian aplikasi. Kita mengetahui bahwa sangat banyak pengguna yang menjadikan Facebook sebagai media sosial nomor satu sehingga mereka menggunakannya hampir setiap saat. Untuk itu, agar baterai anda awet, ada baiknya anda tidak menginstal aplikasi Facebook di smartphone atau tablet Android Anda atau mengurangi intensitas pemakainnya.

Sumber: CNet

Sumber Gambar: inmarketpro.com