Gunakan Detekt untuk Mengetahui Intaian Pemerintah

rsz_14916841-spyware

Aksi mata-mata yang dilakukan pemerintah AS terhadap pengguna internet memunculkan kekhawatiran di seluruh dunia. Jangan-jangan mereka juga telah diintai sekian lama seperti layaknya warga Amerika Serikat.

Untuk mengetahui apakah Anda diintai oleh spyware yang diciptakan pemerintah untuk memata-matai, Anda perlu memasang alat yang namanya Detekt.

Detekt adalah perangkat gratis yang dapat memindai komputer Anda untuk menemukan spyware pemerintah. Detekt diciptakan oleh peneliti keamanan Claudio Guarnieri yang terkait dengan Amnesty International,  Electronic Frontier Foundation, Digitale Gesellschaft, sebuah asosiasi asal Jerman yang didedikasikan untuk melindungi orang dari pengawasan di internet dan Privacy International, sebuah badan amal yang meneliti pengawasan pemerintah.

Detekt bukan untuk pengguna internet biasa, tetapi secara khusus bagi mereka yang berada dalam ancaman pemerintah seperti aktivis dan jurnalis yang berada dalam  rezim otoriter. Mereka ini dapat menghadapi risiko signifikan jika kegiatan web atau file jatuh ke tangan yang salah. Meskipun demikian, pengguna biasa tetap dapat memanfaatkannya untuk mengetahui apakah mereka sedang berada dalam pengawasan pemerintah.

Perlu diketahui, pemerintah makin sering menggunakan teknologi berbahaya dan canggih yang memungkinkan mereka untuk membaca kegiatan aktivis dan email pribadi jurnalis dan menghidupkan webcam mereka atau mikrofon secara otomatis untuk diam-diam merekam kegiatan mereka.

Dengan berkontribusi pada pembuatan Detekt, Amnesty International berusaha untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu pengawasan dan memberdayakan masyarakat untuk melindungi diri mereka sendiri.

Itulah sebabnya Amnesty International membantu meluncurkan Detekt dengan harapan dapat mendukung aktivis hak asasi manusia dalam jaringan mereka untuk menguji perangkat mereka dan mengambil tindakan defensif untuk melindungi diri mereka sendiri.

Detekt bisa menemukan spyware yang bila dipindai dengan antivirus biasa tidak akan ditemukan. Anda dapat mengunduh Detekt dari situsnya secara gratis dan pasang dan alat ini akan memindai komputer dan memberitahu jika menemukan sesuatu yang mencurigakan. Hal ini dapat memakan waktu hingga 30 menit. Setelah pemindaian selesai, Anda akan mendapatkan laporan tentang apa yang  (jika ada) ditemukan. Untuk saat ini Detekt hanya untuk komputer berbasis Windows.

Sumber: Detekt via Hunffington Post

Sumber Gambar: spywareremovers.com