Kepercayaan Publik AS terhadap Saluran Komunikasi Utama Rendah

130606191546-nsa-logo-story-top

 

Setelah diguncang oleh skandal mata-mata yang dilakukan oleh NSA, kepercayaan publik AS terhadap keamanan saluran komunikasi utama seperti fixed phone, ponsel, dan email rendah. Hal ini diungkapkan oleh survei terbaru yang dirilis oleh Pew Internet.

Di seluruh saluran komunikasi utama terdapat kurangnya kepercayaan publik terhadap keamanan saluran komunikasi sehari-hari, terutama terhadap tool online. Dari enam saluran komunikasi utama yang ada tidak ada satu pun saluran komunikasi di mana mayoritas publik Amerika merasa sangat aman berbagi informasi pribadi dengan orang lain atau organisasi yang terpercaya.

Kurangnya kepercayaan publik Amerika terhadap saluran komunikasi utama tersebut terkait erat dengan banyaknya mereka mendengar tentang program pengawasan pemerintah yang dilakukan oleh NSA.

Data Pew Internet mengungkapkan hanya 16% dari orang dewasa yang mengatakan bahwa mereka merasa sangat aman berbagi informasi pribadi melalui telepon tetap, sedangkan 51% mengatakan bahwa mereka merasa agak aman. Sekitar satu dari lima (19%) mengatakan bahwa mereka merasa tidak terlalu aman, sedangkan 12% mengatakan bahwa mereka merasa sama sekali tidak aman ketika menggunakan telepon tetap.

Untuk saluran komunikasi melalui ponsel, kurang dari satu dari sepuluh persen (9%) yang mengatakan bahwa mereka merasa sangat aman, 43% mengatakan bahwa mereka merasa agak aman, 29% mengatakan bahwa mereka merasa sangat tidak aman dan 17% mengatakan bahwa mereka merasa sama sekali tidak aman.

Untuk saluran komunikasi melalui pesan teks 7% dari orang dewasa mengatakan mereka merasa sangat aman berbagi informasi pribadi dengan orang lain atau organisasi terpercaya, 32% merasa agak aman, 37% merasa pesan teks sangat tidak aman, dan 22% merasa sama sekali tidak aman.

Untuk saluran komunikasi melalui email 5% dari orang dewasa mengatakan mereka merasa sangat aman mengirimkan informasi pribadi melalui email, 35% mengatakan bahwa mereka merasa agak aman,  36% merasa sangat tidak aman ketika mereka memiliki informasi pribadi untuk berbagi, dan 21% mengatakan bahwa mereka merasa sama sekali tidak aman ketika menggunakan email.

Bila dilihat dari beberapa saluran komunikasi utama di atas, terlihat jelas bahwa publik Amerika Serikat memiliki kepercayaan yang rendah terhadap keamanan saluran komunikasi yang mereka gunakan karena yang merasa sangat aman rata-rata berada di bawah 10%. Hal ini tidak terlepas dari pengalaman masa lalu ketika mereka dimata-matai oleh NSA. Citra buruk tersebut terus membayangi publik AS dan membuat mereka khawatir terhadap keamanan saluran komunikasi yang digunakan.

Sumber: Pew Research

Sumber Gambar: CNN