Malas dan “Bodoh” Sasaran Empuk Hacker

kinja

Beberapa hari yang lalu, hacker Rusia berhasil memgkompromikan webcam dan kamera keamanan yang dipasang di rumah sehingga bisa memanfaatkan alat tersebut untuk memonitor apa yang dilakukan pemiliki rumah tanpa sepengetahuan mereka kemudian menempatkannya di web sehingga semua orang bisa melihat live streaming kegiatan pemilik rumah tersebut.

Di Inggris, sebanyak webcam dan kamera keamanan telah dimanfaatkan hacker Rusia tersebut dan menempatkan live streaming dari webcam dan kamera keamanan tersebut di internet.

Tentu pertanyaannya adalah mengapa hacker bisa mengkompromikan webcam dan kamera keamanan tersebut?

Menurut hacker dan pembuat situs yang menempatkan live streaming dari webcam dan kamera keamanan tersebut di internet kepada The Telegraph ada dua faktor sehingga mereka bisa melakukan hal tersebut, yaitu kemalasan dan kebodohan (dalam teknologi informasi) pengguna.

Sebagaimana diketahui kamera keamanan dan webcam yang tersambung ke internet memiliki fitur yang memungkinkan pemilik untuk log in dari jarak jauh dan memeriksa bahwa rumah atau bisnis mereka dalam kondisi aman. Fitur ini  tentu  berguna, tetapi juga salah satu yang terbuka juga untuk penyalahgunaan jika password yang digunakan tidak kuat.

Banyak orang memilih untuk membiarkan default password  ketika mereka membeli perangkat yang kemudian dieksploitasi oleh orang-orang yang memindai internet untuk perangkat tersebut dan berusaha untuk masuk.

Ini artinya pengguna sangat malas untuk hanya mengganti default password yang sebenarnya mudah untuk dilakukan. Terlebih lagi biasanya terdapat panduan untuk mengganti default password dan juga saran dari produsen perangkat tersebut.

Faktor pertama tersebut kemudian ditambah dengan faktor kedua, yaitu “kebodohan” dalam hal teknologi dan informasi. Pada dasarnya pengguna webcam dan kamera keamanan tersebut pintar, buktinya mereka bisa memanfaatkan teknologi webcam dan kamera keamanan. Namun sayangnya mereka tidak awas dengan kemungkinan serangan hacker ke prangkat webcam dan kamera kemananan tersebut. Mungkin mereka merasa aman setelah memang webcam atau kamera keamanan. Padahal webcam dan kamera keamanan yang tersambung ke internet bisa dikompromikan oleh hacker.

Untuk itu, penting bagi mereka yang memasang webcam dan kamera keamanan di rumah untuk awas dengan serangan hacker dan mengganti default password.

Sumber: Diolah dari The Telegraph

Sumber Gambar: Gizmodo