Serangan Cyber Besar-besaran akan Terus Meningkat

cyberattack

 

Kita telah menyaksikan serangan cyber besar yang akhir-akhir ini cenderung terus meningkat. Sayangnya di dekade berikutnya, serangan cyber besar tersebut bukannya menurun, malah diperkirakan akan terus meningkat. Hal ini dikemukakan oleh ahli internet yang disurvei oleh Pew Internet.

Survei tersebut merupakan bagian dari proyek penelitian Pew Internet Digital Life in 2025. Pew Internet menanyakan kepada 1.642 ahli internet apakah pada tahun 2025, serangan cyber besar akan menyebabkan kerusakan luas bagi keamanan dan kapasitas negara dan masyarakat untuk mempertahankan diri mereka.

Pew Internet mendefinisikan kerusakan luas sebagai kerugian yang signifikan dari kehidupan atau kerugian harta benda, kerusakan dan/atau pencurian pada tingkat puluhan miliar dolar. Dari survei tersebut ditemukan 61% responden setuju dengan pertanyaan, sementara 39% tidak setuju.

Di antara mereka yang setuju, ada empat tema, yaitu internet, sistem yang saling terkoneksi, pertahanan, energi, perbankan dan keuangan serta transportasi  menjadi target bagi para penjahat cyber.

Menurut Mark Nall yang menjadi manajer program di NASA, ancaman saat ini mencakup transaksi ekonomi, jaringan listrik, dan kontrol lalu lintas udara. Ancaman tersebut akan meluas mencakup bidang lain seperti self driving car, pesawat udara tak berawak (drone), dan infrastruktur bangunan.

Christian Huitema, insinyur di Microsoft mengatakan bahwa ia  sudah menyaksikan pencurian rahasia dagang dengan kerugian puluhan miliar dolar. Ia juga melihat perkembangan aktif dari senjata cyber yang digunakan oleh banyak negara. Secara historis, senjata cyber tersebut selalu digunakan setidaknya sekali atau dua kali sebelum negara-negara tersebut  menyadari bahwa hal tersebut terlalu berbahaya dan mulai mengadakan diplomasi.

Beberapa ahli menunjuk ke worm Stuxnet, serangan cyber pada fasilitas nuklir Iran yang diungkapkan pada tahun 2010, sebagai contoh dari jenis serangan cyber potensial dengan dampak yang lebih luas yang mungkin terjadi pada dekade berikutnya.

Sementara 39% dari responden yang tidak setuju serangan cyber besar tidak bisa dihindari pada tahun 2025 menyatakan pandangan bahwa kemajuan yang mantap dalam perbaikan celah keamanan dan struktur jaringan terdistribusi internet adalah alasan untuk bisa optimis.

Meskipun kita khawatir makin banyaknya serang cyber besar yang mungkin akan terjadi pada dekade mendatang, rasa optimis tentu tidak perlu disembunyikan. Perbaikan keamanan di internet akan terus berlanjut sebagai upaya menciptakan internet yang aman bagi semua orang. Makin banyak serangan cyber besar, kepedulian terhadap internet aman akan terus tumbuh dan menciptakan usaha-usaha baru untuk menanggulangi serangan cyber tersebut.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: ryot.org