Aksi Hacking Terbesar Sepanjang Tahun 2014

070512_sb_malware_640

Sepanjang tahun 2014 terjadi beberapa peristiwa besar dalam bidang keamanan online. Beberapa peristiwa tersebut membuat geleng-geleng kepala, misalnya peristiwa dibobolnya Sony Entertainment oleh hacker yang menamakan diri mereka Guardian of Peace.

Berikut ini adalah peristiwa hacking, kebocoran dan pelanggaran data terbesar sepanjang tahun 2014.

1. Kontraktor Homeland Security Mengalami Pelanggaran Data

Sebuah kontaktor swasta yang disewa oleh Homeland Security AS mengalami pelanggaran data yang mengarah kepada bocornya informasi pribadi karyawan Homeland Security. Perusahaan swasta tersebut adalah USIS bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan latar belakang atas nama lembaga pemerintah.

2. Serangan Hacker terhadap Sony Entertaiment

Serangan hacker terhadap Sony Entertainment dikategorikan sebagai serangan terburuk yang pernah dialami oleh sebuah perusahaan. Serangan hacker yang menamakan diri mereka Guardian of Peace tersebut membuat sistem Sony Entertainment lumpuh dan membuka sangat banyak data rahasia terkait dengan bayaran beberapa aktor yang bekerja sama dengan Sony. Serangan tersebut juga membuat was-was pekerja Sony Entertainment terkait data-data pribadi mereka.

3. Serangan Hacker terhadap Kartu Kredit JP Morgan

Serangan hacker terhadap kartu kredit JP Morgan telah memengaruhi sekitar 80 juta rumah tangga AS dan 7 juta usaha kecil menengah sehingga membuatnya menjadi salah satu peristiwa hacking terbesar dalam sejarah.

4. Bad USB

Sebuah kerentanan yang dijuluki BadUSB dapat mengubah keyboard, flash drive, dan perangkat yang terhubung USB lain menjadi platform serangan yang dapat menghindari program anti malware modern. Kerentanan tersebut bahkan dapat digunakan untuk menginfeksi dan mengganti BIOS komputer.

5. Sistem cuaca AS di-hack China
Hacker China berhasil membobol empat situs milik agen federal AS yang mengawasi masalah cuaca. US National Oceanic and Atmospheric Administration biasanya menampilkan data cuaca dan satelit ke situsnya. Namun layanan tersebut ditutup selama lebih dari seminggu karena di-hack oleh hacker China.

6. Data selebriti bocor di iCloud Apple
Kebocoran yang signifikan foto pribadi selebriti Hollywood terjadi pada tahun 2014. Lebih dari seratus foto dewasa, beberapa sangat eksplisit yang diposting secara total oleh hacker disitus 4chan. Salah satu selebriti terkenal yang menjadi korban adalah Jennifer Lawrence.

Sumber: ZDNet