Beberapa Penggunaan Pinterest yang Tidak Biasa

pinterest-hed-2013

Pinterest merupakan media sosial yang fokus kepada foto atau gambar. Penggunanya menempelkan gambar atau foto yang mereka sukai atau  yang mereka promosikan/jual melalui Pinterest seperti foto makanan, pakaian, sepatu, tas dan banyak lainnya.

Namun demikian bukan berarti Pinterest tertutup untuk berbagai penggunaan lain yang mungkin tidak biasa atau tidak umum dilakukan oleh penggunanya.

Pinterest tidak lagi hanya tentang makanan, pakaian, dan pernikahan. Potensi bisnis di jaringan sosial ini sangat bagus dan banyak merek sekarang menggunakannya untuk menghasilkan pendapatan dan mendapatkan loyalitas pelanggan.

Selain hal di atas, Pinterest juga merupakan cara yang bagus untuk mengatur musik, menemukan hewan peliharaan yang hilang atau melaporkan berita dari zona perang. Berikut ini beberapa penggunaan Pinterest yang tidak umum namun cukup efektif untuk dilakukan.

1. Untuk Menangkap Penjahat

Masih menemukan selebaran Most Wanted dari kepolisian? Kini mungkin saatnya untuk meninggalkan hal tersebut karena dengan adanya Pinterest, kepolisian bisa menempelkan foto para penjahat yang sedang diburu di Pinterest. Contoh kasus adalah akun Pinterest milik Pottstown, PA ini. Mereka memajang para penjahat yang diburu sehingga publik bisa mengetahui lebih jelas siapa saja penjahat tersebut.

2. Untuk Menemukan Hewan Peliharaan yang Hilang

Salah satu yang menarik dari penggunaa Pinterest yang tidak biasa adalah untuk menemukan hewan peliharaan yang hilang karena badai Tornado yang terjadi di Oklahoma pada tahun 2013. Untuk mempertemukan kembali pemilik dengan hewan peliharaannya sebuah halaman Facebook dibuat. Namun halaman tersebut tidak bisa memisahkan secara tegas antara kucing dengan anjing sehingga sulit untuk mempertemukan pemilik dengan hewan peliharaannya. Kemudian dibuatlah akun akun Pinterest Tornado Cats dan Tornado Dogs (yang sayangnya sudah dihapus) yang bisa memisahkan antara kucing dan anjing sehingga lebih mudah mempertemukan mereka dengan pemiliknya.

3. Untuk Mengorganisasi Musik

Jika Anda kesulitan mengatur musik mungkin anda harus belajar kepada Mohamed Zahid yang menggunakan Pinterest untuk mengatur musiknya sesuai dengan genre. Dengan menempelkan musik sesuai dengan genrenya, musik tersebut akan lebih mudah diatur dan tampilannya pun bagus.

4. Melaporkan Berita dari Kawasan Perang

Salah satu kelemahan Pinterest adalah berita yang mungkin tidak bisa dinikmati secara real time layaknya Twitter sehingga Pinterest tidak akan dilirik untuk menemukan berita yang lagi hot.

Namun, penulis senior New York Times CJ Chivers mengubah image Pinterest ini dengan melaporkan berita dari kawasan perang. Caranya tentu saja dengan menempelkan foto-foto dari kawasan pereng tersebut sehingga sangat menarik untuk dilihat.

Sumber: Hoosuite

Sumber Gambar: Adweek