Digital Detoxing Mungkin Jadi Trend di Tahun 2015

121128125350-via-yoga-story-top

Digital Detoxing atau berada di luar dunia maya, bebas dari gadget dan smartphone, mungkin akan menjadi trend untuk tahun 2015 dengan Google sebagai pemimpin trend tersebut.

Kebanyakan orang kini hidup di internet dan belum siap untuk menjauh dari smartphone mereka meskipun peningkatan jumlah individu dan perusahaan yang serius mengambil detoksifikasi digital meningkat disebabkan oleh adanya kecanduan mobile yang menyebabkan tidak produktifnya para pekerja.

Pada tahun 2015, diprediksi detoksifikasi digital mulai diintegrasikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Menariknya, trend tersebut akan  dipimpin oleh industri teknologi dengan perusahaan seperti Google yang menjalankan program untuk staf mereka, yaitu Search Inside Yourself untuk mendorong kesadaran di tempat kerja.

Nanti pada tahun 2015 akan lebih banyak ruang bebas teknologi di kantor-kantor di mana para pekerja bisa fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan standar tertinggi tanpa terganggu oleh email. Bahkan mungkin porsi gadget akan terus dikurangi pada hari kerja.

Dengan adanya detoksifikasi digital ini  orang akan mulai untuk merebut kembali akhir pekan dan malam-malam mereka yang selama ini diambil alih oleh gadget untuk selalu terhubung ke internet. Efek detoksifikasi digital ini akan membuktikan bahwa karyawan menjadi lebih energik dan terfokus dalam jam kerja mereka.

Tahun 2014 perusahaan termasuk Daimler memperkenalkan opsi out of office auto delete, sebuah opsi yang memungkinkan semua email yang masuk ke inbox ketika sedang berlibur secara otomatis dihapus dan harus dikirimkan kembali ketika liburan telah usai (saat masuk kerja). Hal ini bisa berlaku untuk email yang dikirimkan di akhir pekan sehingga memaksa kita untuk mengambil istirahat dengan membatasi jam kerja. Beberapa tempat acara di kota besar membuka opsi, yaitu bebas perangkat untuk mendorong para tamu agar terlibat.

Bahkan jalan-jalan perumahan di daerah sibuk London sudah mendirikan peringatan tidak boleh menggunakan ponsel. Mungkinkah ini menjadi tanda bahwa seluruh wilayah akan menjadi zona tenang? Artinya akan ada trend detoksifikasi digital yang lebih masif di tahun 2015 nanti.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: CNN