Drone, Trend Berikutnya setelah Selfie

_78548680_drone_pa

Di sepanjang tahun 2014 Selfie merupakan hal yang tidak terpisahkan yang dilakukan pengguna smartphone. Masih ingat foto selfie Ellen Degeneres yang di-retweet jutaan? Masih ingat kunjungan Paus di acara Oscar yang juga melakukan selfie? Presiden Obama melakukan selfie, demikian juga Presiden Joko Widodo. Tampaknya selfie sedemikian populer hingga setiap orang melakukannya.

Berkat bantuan Tongsis (tongkat narsis) selfie kini dilakukan dengan lebih mudah dan lebih banyak pesertanya. Para produsen smartphone juga berlomba-lomba menghasilkan kamera depan untuk selfie dengan kekuatan megapiksel semakin besar. Semua ini tentu mendorong makin banyak yang melakukan selfie, meskipun kadang ada yang melakukan selfie tanpa perhitungan risiko sehingga berisiko nyawa.

Namun, trend selfie ini dipercaya akan segera digantikan oleh trend Drone. Menurut produsen drone Perancis Parrot, popularitas yang semakin berkembang dari pesawat remote control mini atau Drone didorong oleh narsisme, yaitu orang membeli drone dilengkapi dengan kamera untuk memfilmkan dirinya. Berbeda dengan selfie, perusahaan drone Perancis mengklaim trend drone akan menghasilkan rekaman berkualitas tinggi. Drone masa depan akan dapat pilot sendiri yang mengikuti subjek sekitar secara otomatis.

Henri Seydoux, CEO Parrots mengatakan  kepada Financial Times penjualan drone melonjak 130 persen pada kuartal ketiga tahun ini 2014 yang merupakan tanda bahwa Drone semakin banyak disukai oleh pengguna. Ia menambahkan bahwa ternyata dalam kenyataannya orang membeli drone karena narsisme. Orang ingin menempatkan rekaman diri mereka di YouTube tampak kuat dan berbakat dan itulah mengapa orang menginginkan kamera berkualitas tinggi yang dimiliki oleh Drone. Namun peningkatan daya tarik pasar terhadap Drone telah menyebabkan kekhawatiran terhadap privasi dan keamanan. Baru-baru ini Drone muncul dekat sekali dan bertabrakan dengan sebuah pesawat penumpang di Heathrow, Inggris.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: BBC