Hal Tidak Biasa yang Bisa Ditemukan dari Data Mining (2)

data-mining-630x340

Pada bagian terdahulu telah dijelaskan tiga hal yang tidak biasa yang bisa ditemukan dari data mining. Berikut ini merupakan beberapa hal lain yang bisa ditemukan dari data mining.

4. Kesehatan
Penyakit tertentu disebabkan oleh kombinasi kompleks variasi genetik yang dikenal sebagai epistasis. Tidak ada penyebab tunggal yang dapat dengan mudah untuk diuji sehingga untuk mengidentifikasi mereka yang berisiko tinggi merupakan masalah bagi dokter.

Namun beberapa penelitian telah menunjukkan keberhasilan yang signifikan dalam menemukan orang-orang yang berisiko tinggi terkena kanker payudara dengan menggunakan data mining untuk mengeksplorasi tes genetik dan berbagai informasi gaya hidup seperti penggunaan alkohol dan tembakau. Seorang dokter dapat menunjukkan pasien kelebihan berat badan dan melihat bahwa mereka memiliki risiko penyakit jantung, tetapi hanya komputer dapat menghintung interaksi kompleks puluhan atau ratusan variasi genetik.

5. Genre Musik
Beberapa sistem klasifikasi kompleks, terfragmentasi dan perdebatan sama halnya dengan genre musik. Bagi banyak perusahaan ada kebutuhan untuk mengklasifikasikan album, artis dan lagu menurut genre karena katalog terlalu sulit untuk ditelusuri. Dengan menggunakan analisis statistik beberapa perusahaan telah mampu secara otomatis mengklasifikasikan musik. Hal ini merupakan hasil dari data mining.

6. Penipuan Kartu Kredit
Sebagian besar orang bisa diprediksi. Banyak orang membeli hal yang sama berulang-ulang, dari tempat yang sama, pada waktu yang sama. Ketika pengguna menyimpang dari kebiasaan tersebut, perangkat lunak data mining akan menandai hal tersebut sebagai berpotensi penipuan. Bila Anda membeli sepatu luar biasa mahal (di luar kebiasaan), kasir akan memberitahu Anda bahwa mereka harus menelepon bank atau ketika Anda pergi berlibur kartu kredit Anda tak bisa digunakan yang bermain adalah data mining.

7. Menangani Hacker
Pendekatan yang sama juga dapat diterapkan untuk menghentikan hacker. Dengan menganalisis jaringan komputer, siapa yang menggunakannya, data apa yang biasanya dikirimkan dan dengan cara apa, pakar keamanan dapat membangun sebuah sistem yang dapat memantau sesuatu yang luar biasa.

8. Penangkapan Penghindar Pajak
Setiap kali kantor pajak menangkap seseorang yang membayar kurang dari seharusnya mereka bayarkan data orang tersebut akan dimasukkan ke dalam paket data mining. Perangkat lunak akan dapat melihat pola berulang dalam data ini, yaitu mungkin wajib pajak cenderung melaporkan keuntungan yang tinggi pada waktu tertentu dalam setahun, namun menghilangkan pendapatan dari pandangan publik menjelang akhir periode. Pola-pola tersebut akan terlihat jelas dengan adanya data mining sehingga menangkap penghindar pajak lebih mudah.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: backtothefuturetrading.com