Hal Tidak Biasa yang Bisa Ditemukan dari Data Mining (1)

datamining

Program data mining sudah banyak dilakukan oleh perusahaan dan organisasi. Contohlah kepolisian metro di Inggris menggunakan data mining untuk memprediksi kejahatan bahkan sebelum kejahatan tersebut terjadi. Penggunaan data mining seperti itu memang ditujukan untuk tujuan tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selain tujuan tersebut terdapat beberapa hal yang dapat diungkapkan dari kegiatan data mining yang tidak biasa. Artinya kegiatan data mining tersebut bisa juga menghasilkan hal lain yang cukup bermanfaat seperti berikut ini.

1. Menemukan Belahan Jiwa (Soulmate)

Kebanyakan sistem data mining yang tersembunyi dari pandangan publik dan dioperasikan oleh para ahli yang terlatih dan hasilnya sering dianalisis di balik pintu tertutup. Namun ada satu aplikasi besar di mana publik dapat berinteraksi langsung dengan program data mining, yaitu situs kencan online.

Situs seperti OkCupid pada dasarnya merupakan alat data mining untuk memprediksi kompatibilitas/kesesuaian antara dua orang. Pengguna memberikan data yang cukup sehingga bisa mendapatkan sense seperti apa pasangan yang mereka cari kemudian database diulik untuk mencari kesesuaian.

Seberapa baik cara kerjanya? Hasil survei menunjukkan bahwa sepertiga dari pernikahan di AS sekarang berasal dari kencan online.

2. Forensik
Ketika ilmuwan forensik menemukan sidik jari di tempat kejadian perkara, mereka akan melirik data mining untuk mengidentifikasi siapa yang membuat sidik jari tersebut. Perangkat lunak komputer membuat tabel ciri yang menonjol dan database hasil scan sampel sidik jari digunakan untuk mencari kesesuaian. Tanpa data mining hal tersebut akan membutuhkan ribuan penyelidik yang sangat sabar ribuan tahun.

3. Terorisme
Pengumpulan data oleh NSA dan GCHQ adalah topik hangat. Kritikus berpendapat bahwa pelacakan setiap email, pesan teks, panggilan telepon, kunjungan website dan pembelian secara online yang kemudian dianalisis adalah pelanggaran privasi. Sementara counter argeument-nya adalah bahwa kegiatan tersebut merupakan data mining  untuk membuktikan kegiatan teroris.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: redorbit.com