Instagram Musnahkan Jutaan Akun Palsu

instagram

Media sosial seperti Instagram adalah jalur cepat untuk terkenal. Mereka yang memiliki kesempatan untuk terkenal pada awalnya kecil, berkat media sosial berbagi foto seperti Instagram, menjadi terkenal dalam waktu singkat. Ukuran keterkenalan tersebut adalah banyaknya follower akun mereka. Hal ini akan melahirkan selebriti kelas dua, yaitu mereka yang sebenarnya bukanlah selebriti, menjadi selebriti berkat media sosial Instagram atau media sosial lainnya.

Belum lama ini, Instagram merilis data pengguna mereka yang sudah mencapai 300 juta. Sayangnya, seperti media sosial lain, Instagram tidak pernah luput dari masalah yang selalu menghinggapi media sosial, yaitu akun palsu, biasanya dikendalikan oleh script komputer yang disebut dengan bot.

Sebagaimana telah dilaporkan sebelumnya, jumlah bot yang ada di web saat ini sudah mengalahkan manusia sehingga tidak heran jika di Instagram juga dipenuhi oleh bot. Untuk mengatasi hal ini, pihak Instagram melakukan program pembersihan. Artinya Instagram menghapus akun-akun yang dicurigai sebagai akun palsu yang menjadi follower seseorang pengguna di Instagram.

Sayangnya, aksi bersih-bersih yang dilakukan oleh Instagram tersebut berbuntut marahnya para selebriti rendahan yang ada di Instagram. Aksi bersih-bersih di Instagram tersebut memang membuat jumlah follower mereka melorot drastis. Tengoklah misalnya, akun Rapper Tyga yang mengalami penurunan jumlah follower dari angka 5,5 juta menjadi 2,2 juta. Demikian juga dengan akun Ma$e yang mengalami pengurangan follower sangat drastis dari 1,6 juta menjadi hanya 100.000 follower. Hal ini membuatnya menghapus akunnya di Instagram.

Beberapa akun selebriti kelas dua tersebut memohon kepada Instagram untuk mengembalikan jumlah follower mereka ke jumlah semula. Ini artinya akun palsu yang diperoleh dengan cara membeli follower palsu tersebut diminta untuk dikembalikan padahal Instagram telah menyatakan akun palsu tersebut telah melanggar pedoman layanan.

Kita bisa melihat, keterkenalan instan di media sosial sangat bisa diperoleh. Berkat kemajuan teknologi, sangat banyak orang yang membeli follower yang harganya juga sangat murah. Bisnis jual-beli akun palsu ini sebelumnya telah dilaporkan bernilai jutaan dollar.

Tentunya bukan hanya selebriti kelas dua yang merasakan dampak penghapusan akun palsu tersebut. Selebriti seperti Justin Bieber juga mengalami penurunan follower cukup signifikan, yaitu sebanyak 3,5 juta follower. Ariana Grande turun sebanyak 1,5 juta, Kim Kardashian turun sebanyak 1,3 juta, dan seseorang dengan nama akun chiragchirag78 kini hanya memiliki 8 follower, turun sebanyak 4 juta follower.

Sumber: The Verge, Engadget

Sumber Gambar: Engadget