Internet Membantu Mempelajari Hal Baru

laptop_2504071b

Kebanyakan orang Amerika mengatakan internet dan ponsel telah membawa manfaat dalam belajar, berbagi dan diversifikasi arus informasi ke dalam kehidupan mereka. Survei baru yang dilakukan oleh Pew Research Center menemukan bahwa sebagian besar orang Amerika percaya dengan menggunakan web membantu mereka belajar hal-hal baru, tetap terkoneksi dengan informasi yang lebih baik tentang topik yang penting bagi mereka, dan meningkatkan kapasitas mereka untuk berbagi ide dan kreasi dengan orang lain.

Sikap positif ini dilandasi oleh pandangan bahwa orang memiliki begitu banyak informasi di ujung jari mereka, tetapi tidak merasa informasi tersebut berlebihan. Selain itu, sikap positif tersebut menyebar ke budaya yang lebih luas. Sebagian percaya bahwa rata-rata orang Amerika dan mahasiswa AS better informed dibandingkan di masa lalu.

Survei terhadap 1.066 pengguna internet tersebut menunjukkan bahwa 53% responden mengatakan mereka telah mengalami peningkatan. Rumah tangga berpenghasilan lebih tinggi dan orang-orang dengan tingkat pendidikan yang lebih tinggi cenderung mengatakan internet cukup banyak membantu mereka  untuk belajar hal-hal baru.

Ketika ditanya apakah mereka menikmati begitu banyak informasi di ujung jari atau merasa kelebihan beban, orang Amerika yang online terutama menyoroti bagaimana internet dan ponsel telah membuat mereka better informed  mengenai produk dan layanan yang tersedia untuk dijual, berita nasional dan internasional, dan budaya populer.

Sebesar 55% orang dewasa yang online merasa internet meningkatkan kemampuan mereka untuk berbagi ide dan kreasi. Sangat mungkin bahwa kontributor utama peningkatan ini adalah munculnya situs jejaring sosial, yang tidak banyak digunakan di tahun 2006. Situs jejaring sosial digunakan oleh lebih dari dua per tiga dari mereka yang online saat ini.

Secara keseluruhan, pengguna internet percaya bahwa rata-rata orang Amerika dan mahasiswa saat ini merasa better informed berkat adanya internet.

Sumber: Pew Internet

Sumber Gambar: The Telegraph