Peneliti Temukan Terobosan dalam Privasi Online

kinja

Privasi online saat ini merupakan hal yang sulit untuk didapatkan pengguna. Berbagai hal, baik keteledoran pengguna sendiri maupun penyedia layanan, membuat privasi menjadi hal yang mewah dalam era internet seperti sekarang. Namun demikian, para peneliti di Inggris tidak putus harapan untuk mencari terobosan dalam masalah privasi online tersebut dan mengklaim telah menemukan sesuatu yang bisa meningkatkan privasi online pengguna internet.

Para peneliti di Scentrics bekerja sama dengan University College London, mengatakan bahwa mereka telah menciptakan suatu algoritma yang dapat menjamin privasi total untuk segala sesuatu mulai dari email dan pesan teks.

Algoritma tersebut disebut the construct. Para peneliti berharap sistem algoritma tersebut dapat digunakan untuk segala sesuatu, mulai dari desktop ke ponsel dengan enkripsi sederhana. Dengan adanya algoritma tersebut memungkinkan orang untuk mengunci pintu depan digital dan alarm kehidupan online mereka.

Menurut Paran Chandrasekaran yang mengepalai perusahaan pencipta algoritma tersebut terdapat tantangan untuk memberikan kripto kepada publik, menjadikan kripto menjadi solusi satu klik dan berkesesuaian dengan keamanan perusahaan.

Perusahaan yang dipimpinnya mengembangkan sebuah algoritma yang menempatkan sebuah lapisan keamanan ke dalam DNA internet dan itu akan menjadi kripto untuk massa serta  tidak memerlukan aplikasi khusus.

Perusahaan yang dipimpinnya telah menemukan cara untuk mengalahkan apa yang disebut oleh ahli kriptologi sebagai man in the middle attack atau MITM, yaitu  kemampuan seseorang untuk meng-hack dan mencegat pesan elektronik.

Dengan adanya the construct nantinya akan ada tambahan layar keamanan yang langsung berada di internet berupa algoritma. Nantinya setelah diterapkan algortima sederhana tersebut akan mencegah hacker melakukan penyusupan dan menjangkiti sistem.

Tentunya hal ini sebuah kemajuan yang patut disyukuri. Tinggal bagaimana nanti algoritma tersebut diterapkan. Makin mudah diterapkan oleh pengguna, tentunya akan makin disukai oleh pengguna.

Sumber: Daily Mail