Pengguna Mac Rata-rata Mengalami 9 Ancaman di Tahun 2014

wall mac

Ancaman cyber untuk pengguna Mac Apple terus berkembang dengan 1.499 program jahat baru yang terdeteksi oleh Kaspersky Lab selama tahun 2014. Rata-rata pengguna Mac Apple mengalami sembilan ancaman cyber selama 2014 menurut penelitian baru Kaspersky Lab dengan total 1.499 program jahat baru untuk Mac OS X terdeteksi selama tahun 2014, yang berarti peningkatan sebanyak lebih dari 200 ancaman dibandingkan tahun 2013.

Hampir setengah dari 20 ancaman teratas terhadap Mac diidentifikasi sebagai program adware yang secara otomatis membuat iklan di komputer korban untuk menghasilkan tayangan iklan yang berujung pendapatan bagi penulis adware.

Program jahat adware sampai  di komputer pengguna bersama program yang sah jika program yang sah tersebut diunduh di toko perangkat lunak daripada di situs resmi pengembang. Setelah diinstal pada komputer pengguna, modul adware dapat menambahkan link iklan untuk bookmark di browser, mengubah mesin pencari default atau menambahkan iklan kontekstual.

Ancaman lainnya terhadap Mac yang terdeteksi adalah sebagai berikut.

1. Sebuah perangkat lunak backdoor yang menyediakan bagi penipu akses remote ke sistem dan pada saat yang sama mencuri daftar kontak untuk mencari korban baru.

2. Sebuah program jahat yang membuat screenshot setiap menit.

3. Sebuah program jahat yang dirancang untuk mencuri Bitcoins untuk OS X.

4. Malware menyerang tidak hanya komputer berbasis Mac, tetapi juga perangkat berbasis iOS yang terhubung ke Mac untuk mencuri data.

Menurut David Emm, peneliti keamanan utama di Kaspersky Lab, selama beberapa tahun terakhir Kaspersky Lab  telah menemukan program jahat lebih banyak dan lebih berbahaya menargetkan perangkat Mac. Namun, masih ada kesalahpahaman umum bahwa Mac OS X aman dari malware dan virus. Meskipun sistem Android dan Windows cenderung disukai oleh penjahat dunia maya, pasti ada sejumlah besar malware yang ditujukan untuk sistem operasi Mac OS X.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: wallpaperswa.com