Apa Itu Dark Web dan Mengapa Penting? (1)

rsz_hacker

Di tahun 2014 yang baru saja berlalu terlihat makin tumbuhnya bagian gelap dari internet atau dark web, yaitu kumpulan situs bawah tanah yang memungkinkan orang untuk terlibat dalam kegiatan ilegal yang sering di luar jangkauan penegak hukum.

Apa itu dark web?

Dark Web adalah istilah umum untuk suatu sudut dari web di mana orang dapat berinteraksi secara online tanpa khawatir terhadap pengawasan pemerintah. Biasanya, situs-situs yang berada di dark web tersebut dijaga oleh mekanisme enkripsi seperti TOR yang memungkinkan pengguna untuk mengunjungi situs secara anonim. Namun ada juga situs yang tidak bergantung pada TOR, seperti forum password protected di mana hacker memperdagangkan rahasia dan nomor kartu kredit curian yang juga dapat dianggap sebagai bagian dari dark web.

Banyak pengguna menggunakan dark web untuk berbagai tujuan misalnya membeli dan menjual obat-obatan, membahas teknik hacking dan menjual jasa hacking, perdagangan pornografi anak, dan sebagainya.

Sangat penting untuk diingat bahwa teknologi yang digunakan untuk memfasilitasi dark web tidak  inheren dengan baik atau buruk. Teknologi yang sama digunakan oleh pengedar narkoba dan pelaku pencabulan anak-anak untuk menyembunyikan identitas mereka juga dapat digunakan oleh pelapor dan pembangkang dalam rezim represif.

Apa itu TOR? Mengapa penting untuk dark web?

TOR yang merupakan singkatan dari the onion router adalah teknologi yang memungkinkan orang untuk menelusuri web dan mengakses layanan online tanpa mengungkapkan identitas mereka. Jaringan TOR terdiri dari ribuan server yang berlokasi di seluruh dunia. Mereka dijalankan oleh para relawan yang berusaha untuk meningkatkan hak-hak privasi.

Bila Anda menelusuri web menggunakan browser berbasis TOR, komunikasi Anda secara otomatis memantul ke beberapa server TOR sebelum mencapai tujuan mereka. Proses ini membuat hampir tidak mungkin bagi siapa pun untuk melacak lalu lintas kembali kepada Anda. Menurut dokumen yang dirilis oleh Edward Snowden, bahkan NSA mengalami kesulitan untuk membuka kedok pengguna TOR.

TOR memungkinkan penciptaan layanan tersembunyi, website yang menggunakan jaringanTOR bisa menyembunyikan lokasi fisik mereka. Teknologi ini telah memungkinkan pembuatan website yang ditujukan untuk kegiatan ilegal yang sulit bagi pihak berwenang untuk melacak dan mematikannya.

Anehnya, TOR diciptakan dengan dukungan dana dari pemerintah AS, yang ingin mempromosikan arus informasi yang bebas. Dukungan pemerintah untuk TOR terus mengalir dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari agenda Departemen Luar Negeri AS dalam kebebasan internet yang berusaha untuk membantu orang-orang dalam rezim represif mendapatkan akses ke informasi yang disensor oleh pemerintah mereka.

Selain  memiliki banyak kegunaan terlarang, TOR juga memiliki banyak kegunaan yang sah. Sebagai contoh, Facebook baru-baru ini mengumumkan versi website yang dapat diakses melalui jaringan TOR yang akan membuat lebih mudah untuk mengakses situs Facebook dari negara-negara yang membatasi layanan, seperti China dan Iran.

(Bersambung)

Sumber: VOX

Sumber Gambar: darkgovernment.com