Apa Itu Dark Web dan Mengapa Penting? (2)

the-dark-web-3-638

Jenis informasi dapat ditemukan di dark web?

Hampir semua jenis produk dan jasa ilegal dan legal dapat ditemukan di suatu tempat di dark web atau situs internet bawah tanah.

Salah satu contoh terbaik adalah Silk Road, sebuah situs yang sekarang sudah tidak berfungsi lagi, selama lebih dari dua tahun dioperasikan sebagai semacam eBay terlarang. Silk Road paling terkenal bukan hanya karena menawarkan berbagai obat terlarang, tetapi juga menawarkan produk terlarang lainnya. Anda bisa membeli ID palsu, DVD bajakan, kembang api, dan nomor kartu kredit curian.

Situs Silk Road berada di bawah layanan tersembunyi TOR yang membuatnya sulit bagi pihak berwenang untuk menutup situs tersebut. Semua transaksi dilakukan dengan menggunakan Bitcoin yang berarti mereka tidak bisa dilacak seperti melacak kartu kredit. Namun pada akhirnya, penegak hukum mampu mengidentifikasi operator situs yang kemudian ditangkap pada tahun 2013.

Hampir segera setelah ditutup situs peniru Silk Road bermunculan. Sebuah situs penerus dengan nama Silk Road 2 didirikan pada tahun 2013, tetapi situs tersebut disusupi oleh penegak hukum dan ditutup pada 2014. Saat ini, salah satu penerus Silk Road yang terbesar adalah sebuah situs yang disebut Evolution.

Mengapa Bitcoin populer di dark web?

Jika Anda mencoba untuk mendirikan sebuah pasar narkoba dengan  menggunakan kartu kredit konvensional, hal tersebut tidak akan berlangsung lama. Untuk satu hal, aturan Visa dan Mastercard kemungkinan melarang Anda mendapatkan account merchant. Pelanggan akan waspada menggunakan kartu kredit terkait dengan identitas asli mereka untuk melakukan pembelian terlarang.

Singkatnya, pasar gelap digital membutuhkan setara digital cash dan itulah yang dipenuhi oleh Bitcoin yang seperti uang tunai, memungkinkan transaksi harus dibuat secara anonim. Dengan tidak ada orang yang bertanggung jawab atas jaringan Bitcoin, tidak ada satupun  otoritas yang bisa memblokir transaksi terlarang.

Seperti TOR, penting untuk dicatat bahwa tidak semua yang menggunakan jaringan Bitcoin adalah untuk tujuan terlarang. Ada puluhan ribu usaha yang sah yang menerima Bitcoin. Namun penjahat telah tertarik untuk menggunakan Bitcoin sebagaimana  mereka telah tertarik pada uang konvensional.

Apakah dark web  sama seperti deep web?

Tidak, deep web adalah konsep yang lebih luas. Deep web mengacu kepada semua konten online yang tidak dapat diakses oleh mesin pencari, termasuk ekonomi bawah tanah internet juga situs utama yang memang tidak diatur untuk dijaring Google dan Bing. Sebagai contoh, sebagian besar dari Facebook adalah bagian dari deep web di mana sebagian konten hanya tersedia untuk teman-teman bukan untuk umum. Demikian pula, banyak database yang dicari tidak akan muncul dalam hasil pencarian Google meskipun setiap orang dapat mengaksesnya.

Dapatkah pemerintah membasmi dark web?

Pemerintah tidak mungkin untuk sepenuhnya menekan dark web dengan alasan yang sama ketika  penegak hukum mampu menghilangkan pasar gelap konvensional. Terdapat banyak permintaan untuk informasi dan produk yang ditawarkan di situs dark web  dan selalu akan ada seseorang bersedia mengambil risiko untuk memenuhi permintaan tersebut.

Situs dark web dapat menghasilkan banyak uang. Silk Road 2, misalnya, dilaporkan memperoleh 8 juta dollar AS dalam satu bulan sebelum ditutup. Uang sebesar itu akan selalu menarik peniru yang percaya bahwa mereka dapat berhasil di mana para pendahulu mereka telah gagal.

Selain itu, pemerintah mungkin tidak bisa dan tidak harus menutup teknologi yang memungkinkan dark web. TOR, misalnya memberikan perlindungan penting untuk pembangkang dan whistleblower di seluruh dunia. Bitcoin memiliki potensi untuk menghasilkan inovasi yang signifikan dalam bisnis pembayaran sehingga  mematikan teknologi tersebut tidak akan menghentikan orang dari menggunakan internet untuk tujuan ilegal. Kemungkinan besar, kegiatan dark web hanya akan bergeser ke luar negeri, di mana akan lebih sulit bagi otoritas Amerika untuk melaporkannya kepada polisi.

Sumber: VOX

Sumber Gambar: SlideShare