Apa yang Diketahui Aplikasi Android Tentang Anda

18MP_Google_Play_A_1521015g

Pengguna Android perlu waspada terhadap beberapa aplikasi yang bisa mengakses berbagai informasi di ponsel jauh lebih banyak daripada seharusnya. Menurut para peneliti beberapa aplikasi Android memata-matai pengguna jauh lebih dari yang diharapkan. Penelitian oleh Vocativ menunjukkan aplikasi yang dapat mengakses mikrofon, daftar panggilan pengguna dan kontak.

Peneliti menemukan salah satu aplikasi pelanggar terburuk adalah permainan yang ditujukan untuk anak-anak. Permainan tersebut disebut Happy Fish dari HappyElements. Permainan Happy Fish diprogram sedemikian rupa sehingga bisa mengumpulkan lokasi yang tepat, memiliki akses ke foto pengguna dan dapat membaca pesan teks pengguna. Padahal aplikasi tersebut hanyalah game yang tidak perlu informasi lokasi dan pesan teks pengguna. Aplikasi tersebut bahkan bisa membedakan jaringan WiFi mana yang digunakan pengguna.

Berdasarkan analisis peneliti aplikasi AntiVirus Security, Viber dan Facebook merupakan aplikasi yang paling banyak mengakses informasi pengguna yang ada di ponsel. Selain itu, lebih dari setengah dari 25 aplikasi memiliki akses ke kontak dan sekitar sepertiga ke pesan teks, daftar panggilan dan mikrofon.

Banyak aplikasi dapat mengakses informasi tentang pengguna yang bisa saja sangat sensitif, seperti lokasi, daftar kontak dan daftar panggilan, namun seringkali sulit untuk rata-rata pengguna untuk memahami bagaimana informasi yang sedang digunakan atau yang mungkin dibagi  aplikasi tersebut.

Menurut Jason Hong, pendiri Privacy Grade, kebanyakan pengembang tidak jahat, tetapi mereka sering tidak tahu apa yang harus dilakukan sehubungan dengan privasi dan keamanan. Beberapa pengembang mungkin hanya mengumpulkan data dengan aplikasi karena mereka bisa melakukannya dan tak seorang pun yang menghentikan mereka.

Untuk itu, pengguna harus ekstra hati-hati ketika mendonwload sebuah aplikasi. Untuk aplikasi game, akses ke kontak atau daftar panggilan adalah terlalu jauh sehingga jangan menggunakan aplikasi game tersebut. Demikian juga dengan aplikasi Facebook. Jika dirasa terlalu banyak yang bisa diakses oleh sebuah aplikasi, sebaiknya aplikasi tersebut tidak digunakan. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan melihat tanda persetujuan sebelum mendownload aplikasi.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: thehindu.com