Berpisah dari iPhone Menimbulkan Kecemasan

rsz_iphone_6_home_screen_hero

Penggunaan ponsel telah menjadi bagian umum dari kehidupan. Berkomunikasi dengan menggunakan perangkat mobile telah menjadi salah satu cara yang paling populer dilakukan oleh pengguna. Namun demikian, hanya ada sedikit penelitian yang tersedia tentang dampak penggunaan telepon seluler dan khususnya apa yang terjadi ketika orang dipisahkan dari ponsel mereka.

Penelitian dari University of Missouri menemukan bahwa pemisahan ponsel dari pengguna dapat memiliki efek psikologis dan fisiologis yang serius pada pengguna iPhone termasuk kinerja yang buruk pada tes kognitif. Para peneliti mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa pengguna iPhone harus menghindari berpisah dengan ponsel mereka selama situasi sehari-hari yang melibatkan banyak perhatian, seperti melakukan ujian, duduk di konferensi atau pertemuan atau menyelesaikan tugas pekerjaan penting karena bisa mengakibatkan kinerja kognitif menurun pada tugas-tugas tersebut.

Russell Clayton kandidat doktor di University of Missouri  School of Journalism dan penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa temuan tersebut menunjukkan bahwa pemisahan iPhone dapat berdampak negatif terhadap kinerja pada tugas-tugas mental. Selain itu, hasil dari penelitian menunjukkan bahwa iPhone mampu menjadi perpanjangan diri pengguna sehingga ketika dipisahkan pengguna akan mengalami berkurangnya diri dan keadaan psikologis negatif.

Clayton bersama dengan Glenn Leshner, mantan profesor di University of Missouri menemukan bahwa ketika pengguna iPhone tidak dapat menjawab dering iPhone mereka saat memecahkan teka-teki  pencarian kata sederhana, denyut jantung dan tekanan darah mereka meningkat, demikian pula perasaan cemas dan ketidaknyamanan. Kinerja (jumlah kata yang ditemukan pada teka-teki pencarian kata sederhana) menurun dibandingkan dengan saat pengguna menyelesaikan teka-teki pencarian kata sederhana yang sama saat menggunakan  iPhone.

Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan, yaitu ternyata pengguna iPhone sangat bergantung pada ponsel mereka. Mereka akan cemas bila tidak berada di dekat iPhone atau dipisahkan dari iPhone sehingga hal tersebut akan membuat denyut jantung dan tekanan darah mereka meningkat. Selain itu, timbul pula perasaan tidak nyaman yang pada gilirannya akan berpengaruh kepada kinerja kognitif.

Sumber: University of Missouri

Sumber Gambar: iMore