Foto Pribadi di Instagram Bocor ke Publik

instagram-sign

Jutaan foto pribadi di Instagram menjadi konsumsi publik setelah adanya bug di situs media sosialmilik Facebook tersebut. Instagram, perusahaan yang berbasis di California menyadari adanya cacat tersebut setelah David Yanofsky di Quartz menyoroti masalah ini. Saat ini Instagram telah mengeluarkan patch, setelah diketahui bahwa fungsi tersebut ternyata disengaja, bukan cacat dalam sistem mereka.

Sebelum diperbaiki, jika akun Instagram ditetapkan untuk mode Private, bila melakukan cross posting link foto Instagram kepada platform media sosial lainnya, foto-foto yang di-posting tersebut akan menjadi konsumsi publik. Hal ini berarti bahwa jika sesseorang mem-posting foto dan kemudian memutuskan  ingin mode Private  siapa pun bisa membagi fotonya dengan cara menyalin URL foto tersebut.

Laporan Quartz mengatakan celah yang ada di Instagram tersebut adalah contoh dari jenis kompleksitas bagi pengguna biasa dalam bernavigasi jika mereka ingin mengontrol ketersediaan informasi pribadi seperti foto secara online. Bahkan jika celah itu kemudian ditutup masih terdapat cara berbagi foto secara online tanpa izin pengguna dengan melihat sumber halaman atau dengan mengambil screen shot.

Sebelumnya, perusahaan induk Instagram, yaitu Facebook telah diganggu oleh masalah privasi dalam beberapa bulan terakhir. Facebook juga tengah berjuan  atas tuntutan hukum yang mengklaim Facebook gagal untuk memastikan data pribadi terjaga dari pemasar dan aplikasi pihak ketiga.

Kelompok penggugat setuju dengan lembaga pemerintah AS untuk menyerahkan audit eksternal seberapa baik Facebook menjaga data pengguna. Facebook juga menghadapi serangan balasan dalam beberapa bulan terakhir setelah memaksa penggunanya untuk men download aplikasi Messenger-nya. Dengan tambahan kasus di Instagram ini, menjadi pertanda kuat bahwa Facebook abai terhadap privasi penggunanya.

Sumber: Daily Mail