Gunakan TOR, CSpace, dan ZRTP untuk Menghindari Intaian NSA

tor-box-people-ars

Jika Anda ingin kehidupan yang benar-benar anonim, maka mungkin sudah saatnya Anda belajar tentang TOR, CSpace dan ZRTP. Ketiga teknologi ini bisa membantu pengguna menyembunyikan kegiatan mereka dari National Security Agency atau NSA. Hal ini diungkap oleh dokumen NSA yang baru diperoleh dari arsip mantan kontraktor Edward Snowden oleh majalah Jerman Der Spiegel.

Kombinasi TOR, CSpace dan ZRTP menghasilkan tingkat perlindungan yang dianggap NSA sebagai bencana yang berarti organisasi tersebut nyaris tidak memiliki  wawasan apapun untuk menargetkan komunikasi pengguna. Menurut Der Speigel meskipun dokumen tersebut telah berusia sekitar dua tahun, para ahli menganggap tidak mungkin lembaga mata-mata digital NSA membuat banyak kemajuan dalam meretas ketiga teknologi tersebut.

Sebagai perbandingan, mengakses pesan Facebook seseorang dianggap sebagai tugas mudah oleh NSA. Demikian pula jaringan virtual private (VPN) yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bisa dengan mudah diakses oleh NSA.

TOR pada dasarnya adalah jaringan yang menawarkan cara mudah bagi orang untuk menutupi lokasi mereka ketika berkomunikasi secara online. Siapapun dapat men-download web browser Tor yang tersedia di Mac, Windows, Linux, dan smartphone. Ketika menggunakan TOR, Anda disarankan untuk mengorbankan kenyamanan plugin browser, download torrent, dan website yang tidak menggunakan enkripsi HTTPS jika Anda benar-benar ingin berada di luar (tidak dilacak).

Jika Anda ingin untuk menutupi kebiasaan online Anda, mengirimkan pesan dan melakukan panggilan telepon diperlukan  langkah-langkah yang lebih maju lagi yang berarti Anda juga harus menambahkan CSpace dan ZRTP jika Anda ingin menyembunyikan mereka dari NSA. CSpace adalah sebuah program yang memungkinkan orang mengirimkan teks chatting dan mentransfer file, sementara ZRTP adalah bentuk enkripsi yang melindungi panggilan ponsel dan SMS. Jika semua itu terdengar agak menakutkan, berarti hidup anonim mungkin tidak cocok untuk Anda.

Sumber: Huffington Post

Sumber Gambar: Slashgear