Kecanduan Selfie Merupakan Pertanda Antisosial

rsz_ellen-degeneres-selfie-vogue-3march14-twitter_b_1440x960Menurut studi terbaru, mereka yang kecanduan postingan selfie di media sosial bisa menampilkan ciri-ciri psikopat. Mereka yang kecanduan postingan selfie di media sosial cenderung narsis, impulsif dan menampilkan karakteristik antisosial lainnya seperti kurangnya empati. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti dari Ohio State University.

Temuan tersebut bisa mengejutkan banyak orang terkenal yang tidak bisa menahan diri mereka untuk mem-posting gambar diri mereka di situs seperti Instagram, Twitter dan Facebook. Akan tetapi meskipun kecanduan selfie terkait dengan ciri psikopat, bukan berarti orang-orang yang kecanduan selfie akan mengamuk atau membunuh. Sebaliknya, hal tersebut berarti mereka yang kecanduan selfie memiliki skor lebih tinggi daripada  rata-rata orang untuk sifat antisosial.

Mereka yang mengedit gambar mereka sendiri untuk membuat diri mereka terlihat lebih baik merupakan tanda dari narsisme dan self objectification. Studi tersebut mengungkapkan bahwa narsisme paling sering dikaitkan dengan kesombongan, tetapi sebagai cacat psikologis narsisme berhubungan dengan perasaan yang lebih cerdas, lebih menarik dan lebih baik daripada yang lain.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: Vogue