Kini Bisa Buka Situs dengan Wajah Pengguna

TrueKey-668x380

Teknologi di bidang keamanan terus menunjukkan perkembangan yang menjanjikan. Pada ajang CES 2015 di Las Vegas, Intel merilis sebuah terobosan, yaitu menggunakan wajah pengguna untuk log in ke situs yang dilindungi oleh password.

Perusahaan pembuat chip Intel mengenalkan teknologi biometrik pengenalan wajah untuk menggantikan password. Intel memperkenalkan aplikasi password manager  yang  disebut dengan True Key sebagai pengganti password masuk ke situs seperti email atau media sosial.

Edisi perkenalan dari True Key bisa bekerja di komputer Windows dan ponsel Android untuk pengenalan wajah, tetapi tidak bisa bekerja di perangkat Apple. Untuk iPhone dan iPad, True Key berfungsi sebagai password manager.

Cara kerjanya adalah pertama download aplikasi, mendaftar dan mengambil foto wajah Anda dengan kamera smartphone atau webcam. Nantinya untuk membuka situs tidak lagi menggunakan password, True Key akan melakukan pekerjaan berdasarkan foto pengguna yang telah diambil sebelumnya.

Menurut Mark Hocking wakil presiden Intel bidang keamanan tujuan Intel adalah menghapus password sama sekali. Nantinya password akan diganti oleh True Key yang dikembangkan oleh Intel.

Selama ini password memang merepotkan dan tetap bisa ditembus oleh hacker misalnya serangan terhadap  Target, Home Depot, Staples dan Sony. Akibat serangan tersebut pengguna didesak untuk melindungi identitas digital mereka dengan mengubah password setiap tiga bulan dengan kombinasi yang berbeda dari huruf, angka dan simbol. Analis juga menyarankan pengguna untuk memiliki password yang berbeda untuk setiap situs agar tidak mudah di-hack oleh hacker.

Nantinya Intel berharap dengan True Key hal seperti di atas tidak terulang lagi dan pengguna tidak perlu repot mengganti password secara berkala. Rencananya True Key akan dijual dengan model freemium. Artinya bebas digunakan untuk 15 situs, selebihnya bila menggunakan True Key di situs lain dikenakan biaya 19,95 dollar AS per tahun.

Sumber: USA Today

Sumber Gambar: Android Police