Memburu Drone dengan Drone

_78548680_drone_pa

Penjualan drone yang melonjak membuat tidak terelakkannya aplikasi baru dan jahat sehingga menginvasi privasi banyak orang. Teknologi memang selalu menampilkan sisi baik dan sisi buruk sekaligus sehingga drone bisa saja digunakan untuk penggunaan yang mengganggu atau ilegal.

Terdapat beberapa kasus selebriti termasuk Miley Cyrus, Selena Gomez dan Rihanna dimana privasi mereka diserang oleh drone yang dikendalikan oleh paparazi sehingga bisa memotret dengan menggunakan kamera remote control. Salah satunya bahkan dikatakan telah mengganggu pernikahan Tina Turner. Akan tetapi bagi mereka yang bukan selebriti mungkin tidak begitu peduli bila ada pesawat kecil berputar terbang di dekat rumah atau tempat usaha mereka.

Untuk memburu drone yang suka seenaknya terbang dan mengambil foto tanpa ijin tersebut perlu suatu alat yang juga secanggih drone. Untuk itulah beberapa orang kemudian membuat Rapere. Rapere adalah sebuah prototipe drone untuk memburu drone dan bisa menjatuhkan pesawat kecil tak berawak lainnya (drone) dengan menggunakan string khusus dalam rotornya.

Sebuah kelompok yang mengaku sebagai pengembang drone komersial telah menciptakan sebuah mesin yang secara otomatis dapat mengidentifikasi drone yang melayang-layang di atas mereka dan membuat drone tersebut jatuh. Rapere dirancang untuk lebih cepat dan lebih lincah dari drone yang lain untuk memastikan bahwa drone yang lain tersebut tidak dapat melarikan diri.

Rapere dapat membedakan antara burung dan pesawat tak berawak serta terbang di atas setiap drone dalam jangkauan, kemudian menonaktifkan drone tersebut. Para desainer masih bekerja untuk memperbaiki desain dan dalam pembicaraan untuk produksi massal, tetapi mungkin harganya tidak akan murah.

Bagi mereka yang sering terganggu privasinya oleh drone yang secara sembarangan terbang dan mengambil foto, Rapere mungkin akan sangat membantu untuk menjatuhkan drone tersebut. Bila nanti diproduksi massal, tentunya akan banyak pihak yang diuntungkan dengan adanya Rapere ini.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: BBC