Menerabas Sekat-sekat Bahasa

online-dating

Salah satu sekat yang cukup pelik untuk diterabas atau dilalui di zaman hyper connected seperti sekarang ini adalah sekat-sekat bahasa. Mereka yang Anda ajak berbicara secara online belum tentu mengerti apa yang Anda ucapkan dalam bahasa yang Anda kuasai. Demikian juga orang lain yang berbicara dengan bahasanya sering membuat Anda tidak mengerti apa yang dibicarakannya.

Meskipun kemudian ada alat penterjemahan, namun alat penterjemahan ini masih terbatas. Kadang Anda harus mengucapkan kepada alat tersebut lalu alat tersebut menterjemahkannya untuk Anda. Atau Anda mengetik dan menginput secara manual sehingga akan memakan waktu dan tentunya merepotkan.

Tidak lama lagi sekat-sekat bahasa tersebut mungkin akan menjadi cerita masa lalu berkat Google. Google akan meluncurkan live translation tool yang dapat mengambil apa yang diucapkan dalam satu bahasa dan mengubahnya menjadi suara buatan yang berbicara dalam bahasa kedua secara real time.

Kemampuan live translation tersebut merupakan bagian dari aplikasi ponsel Android dan iOS yang sudah menawarkan kemampuan untuk mengubah bahasa lisan ke dalam teks yang diterjemahkan dengan menggunakan pengenalan suara serta memberikan terjemahan lisan teks yang diinput sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain meskipun tidak adanya bahasa bersama yang dikuasai.

Google akan segera memperbarui aplikasi terjemahan miliknya untuk menyediakan  terjemahan audio real time. Aplikasi ini dapat menerjemahkan 80 bahasa yang berbeda dan tidak memerlukan koneksi internet aktif.

Dengan adanya live translation tool ini nantinya, interaksi mereka yang berbeda bahasa dan tidak memiliki bahasa yang bisa dikuasai bersama tidak perlu repot untuk memaksakan diri berbicara dalam bahasa tertentu. Cukup berbicara dalam bahasa yang dikuasai, misalnya Bahasa Indonesia. Nantinya Google akan mengkonversi bahasa Indonesia tersebut ke bahasa yang dikuasai oleh lawan bicara, misalnya Jerman, Belanda atau bahkan mungkin bahasa-bahasa negara  kawasan Afrika yang populer.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: amazonaws.com