Abaikan Smartphone Dapat Makan Gratis dan Diskon

article-2474830-18F3918300000578-115_634x408

Mahasiswa saat ini mungkin sulit untuk mengabaikan smartphone mereka ketika mengikuti kuliah. Untuk kebanyakan mahasiswa, mengabaikan ponsel mereka selama kuliah mungkin merupakan tugas yang mustahil. Biasanya, universitas atau dosen memberikan  aturan dan kebijakan tentang penggunaan ponsel selama perkuliahan dan mahasiswa dengan senang hati mengabaikan peraturan tersebut. Akan tetapi, beberapa perguruan tinggi milik pemerintah Amerika Serikat sedang mencoba sesuatu yang baru, yaitu  mengubah don’t check your phone during class menjadi sebuah permainan.

Dengan menggunakan sebuah aplikasi yang disebut Pocket Points perguruan tinggi milik pemerintah di AS  dapat melacak ketika siswa berada di kelas dan ketika mereka menggunakan ponsel. Mahasiswa akan memperoleh poin dengan menggunakan aplikasi pada awal waktu kuliah. Aplikasi ini akan melacak berapa lama siswa membiarkan atau mengabaikan ponsel mereka dalam kondisi terkunci. Semakin sedikit mereka memeriksa ponsel mereka, semakin banyak poin yang didapatkan. Bila semakin banyak poin yang didapatkan, makin banyak makanan gratis atau diskon yang bisa diperoleh di toko-toko lokal.

Setiap membiarkan ponsel terkunci selama dua puluh menit akan menghasilkan poin. Jumlah poin akan bertambah jika mahasiswa menggunakan aplikasi di beberapa ponsel dalam waktu yang sama.

Saat ini, aplikasi Pocket Points digunakan di California State University, Chico, serta Penn State. Setidaknya seribu mahasiswa/mahasiswi telah mendownload aplikasi tersebut yang dikembangkan oleh mahasiswa asal Penn State.

Cara ini mungkin salah satu usaha bagus agar mahasiswa fokus ketika mereka sedang berada di kelas. Mengingat saat ini ketergantungan kepada smartphone sangat tinggi, memunculkan cara untuk mengabaikan smartphone adalah sebuah usaha yang patut dipuji terutama bagi mahasiswa yang sedang berada dalam perkulihan.

Sumber: Kotaku

Sumber Gambar: Daily Mail