Dekatkan Hubungan Masyarakat dan DPR, Perludem Luncurkan Aplikasi “DPR Kita”

Sidang-Paripurna-DPR1

Jakarta – Perkumpulan Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meluncurkan aplikasi “DPR Kita” di Hotel Santika, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (24/2).

Aplikasi ini juga dibuat berdasarkan kerja sama dengan berbagai unsur dari masyarakat sipil lainnya, seperti PSHK, IPC, Public Virtue, Kontras, ICT Watch, I-Lab dan selaras.com.

“Aplikasi ini akan mendorong kedekatan hubungan antara masyarakat dengan DPR serta mempermudah pola interaksi dan penyaluran aspirasi masyarakat terhadap para wakilnya di parlemen dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujar Ketua Didik Supriyanto dalam acara peluncuran Aplikasi “DPR Kita”.

Melalui aplikasi ini, lanjutnya, masyarakat dapat mengenal lebih jauh anggota DPR dari daerah pemilihannya melalui informasi biodata yang ada berikut update informasi kegiatan-kegiatannya.

Aplikasi “DPR Kita” memberikan ruang sebesar-besarnya kepada setiap anggota DPR untuk mempublikasikan informasi-informasi yang relevan diberikan ke dapilnya.

“Mulai dari publikasi kegiatan persidangan yang sedang dilakukan, program kerja, sampai dengan publikasi kinerja dan prestasi-prestasi yang dimiliki oleh anggota DPR yang selama ini tidak terpublikasi,” tambahnya.

Didik beranggapan bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan intensitas interaksi masyarakat dan DPR. Pasalnya, masyarakat bisa menuangkan aspirasinya secara langsung kepada anggota DPR sekaligus anggota tersebut dapat memperoleh update informasi dari masyarakat di dapilnya.

“Tujuan utama aplikasi ini adalah meningkatkan partisipasi publik dan interaksi pemilih dan wakilnya sehingga pemilih tidak hanya berpartisipasi sampai pemilu serta mengkawal terus menerus kinerja wakil-wakilnya di parlemen,” tandasnya.

Sumber: Berita Satu

Sumber Gambar: Dua Jurai