Facebook Makin “Pintar” Melakukan Tagging Foto Pengguna

facebook-photo-tag-640

Salah satu fitur di Facebook yang perlu diperhatikan penggunanya adalah photo tagging. Banyak pengguna Facebook yang tidak peduli dengan fitur ini dan membiarkan posisinya default, yaitu ON yang artinya pengguna bersedia di-tag oleh siapapun kalau foto diupload ke Facebook.

Nantinya bila foto diupload ke Facebook akan muncul nama-nama pengguna yang sesuai dengan wajah yang ada di foto tersebut. Hal ini dari sisi privasi merupakan ancaman serius. Namun, sayangnya, banyak pengguna yang abai akan hal ini.

Nah, jika akhir-akhir ini Anda merasa bahwa Facebook semakin agresif dalam menggunakan foto tagging-nya tersebut, memang begitulah keadaan yang sebenarnya.

Dasar atau pondasi perangkat lunak pengenalan wajah DeepFace dan arsip foto berukuran besar milik Facebook semakin hari semakin baik dalam mengenali orang dalam foto dan tagging mereka sangat cepat. Bahkan, DeepFace bisa seakurat manusia dalam mengenali wajah di dalam foto dan kemudian memamerkan kemampuannya di halaman Facebook pengguna.

Menurut Dan Ackerman dari CNet, Facebook akan melihat foto-foto yang lebih tua  dan menandai siapapun yang dikenalinya dan satu hal yang pasti Facebook mengenali sangat banyak orang. Hal tersebut karena semakin banyak foto yang diunggah dari orang yang sama, semakin baik perangkat lunak Facebook mengenali wajah-wajah yang muncul berulang-ulang tersebut. Bayangkan saja setiap hari pengguna meng-upload sebanyak 400 juta foto.

Software pengenalan wajah Facebook tersebut mengenali orang lain yang Anda tahu, ia tahu wajah mereka. Software tersebut memiliki banyak contoh dari wajah orang dan memang begitulah cara pengenalan wajah bekerja.

Sayangnya pengguna Facebook sering tidak awas dengan fitur ini sehingga wajahnya bermain di mana-mana yang bisa saja disalahgunakan oleh pengguna lain. Padahal fitur ini bisa dimatikan sehingga perangkat lunak pengenal wajah Facebook tidak bekerja. Sayangnya, informasi ini tidak banyak diberikan oleh Facebook kepada penggunanya.

Sumber: CBS News

Sumber Gambar: Mashable