FCC Terapkan Aturan yang Lebih Keras terkait Net Neutrality

12217_large_neutral-bits

Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat berencana menerapkan aturan baru yang keras untuk mengatur internet yang akan memperlakukan internet berkecepatan tinggi sebagai utilitas publik, layaknya listrik atau air. Aturan baru yang sudah lama ditunggu-tunggu tersebut sudah dirilis kepada  lima anggota FCC beberapa hari yang lalu.

Pada bulan November yang lalu Presiden Barack Obama menyerukan perlunya aturan yang lebih kuat  untuk melindungi netralitas internet, sebuah konsep yang menganggap semua lalu-lintas di internet harus diperlakukan sama secara online. Tampaknya FCC telah mengikuti keinginan Obama tersebut.

Di antara usulan aturan lain adalah FCC akan memberikan kekuatan yang lebih besar kepada penyedia layanan internet, mengubah pengaturan perusahaan mobile dan fixed broadband, dan melarang penyedia layanan broadband memprioritaskan suatu situs  tertentu karena adanya pembayaran atau memperlambat lalu-lintas situs lain.

Langkah ini akan menghadapi perlawanan kuat dari perusahaan kabel dan partai Republik yang berpendapat bahwa internet telah mendapatkan manfaat dari regulasi yang lunak dan kontrol yang lebih besar akan menghambat inovasi.

Namun, aktivis internet dan perusahaan teknologi papan atas termasuk Amazon, Google, Netflix, Mozilla dan Reddit telah menyerukan FCC untuk menopang netralitas internet dengan alasan perusahaan kabel akan membuat internet berjenjang dan membunuh kompetisi jika mereka diizinkan untuk lebih memprioritaskan beberapa perusahaan lain dengan imbalan pembayaran.

Pada bulan Mei 2014 yang lalu ketua FCC, Tom Wheeler mengajukan aturan yang memungkinkan adanya jalur cepat yang dikenal sebagai paid prioritisation. Keputusan tersebut memicu reaksi online besar-besaran dan FCC dibanjiri lebih dari 4 juta komentar dari masyarakat, sebagian besar mengkritisi proposal tersebut.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: Daily Tech