Setelah 16 Tahun, Selamat Datang HTTP/2

rsrvwtipfgggsncvfrym

Setelah 16 tahun, generasi kedua dari HTTP, yaitu HTTP/2 akhirnya dirilis juga. Dengan dirilisnya HTTP/2 ini diperkirakan browsing internet semakin cepat. Dirilisnya HTTP/2 ini menandai perubahan terbesar terhadap protokol yang mendukung world wide web seperti yang kita kenal sekarang.

Hypertext Transfer Protocol akrab bagi sebagian besar kita sebagai http: // di awal alamat web mengatur hubungan antara browser pengguna dan server hosting website, ditemukan pertama kali oleh Sir Tim Berners-Lee.

Apa itu HTTP /2?

HTTP /2 adalah versi berikutnya dari HTTP dan didasarkan pada Google SPDY, yang dirancang untuk mempercepat loading halaman web dan pengalaman browsing. HTTP/2 adalah standar baru dan akan mengambil alih protokol HTTP1.1 yang saat ini digunakan oleh sebagian besar situs di internet.

Apa bedanya?

HTTP /2 adalah protokol yang lebih modern yang bisa meningkatkan kecepatan browsing web dengan menggunakan cara-cara baru transportasi data antara browser dan server di internet.

HTTP/2 kompatibel dengan HTTP1.1 dan menggunakan sebagian besar teknologi yang sama, tetapi lebih efisien dan memungkinkan server untuk merespon dengan lebih banyak konten daripada yang diminta, menghilangkan kebutuhan komputer pengguna terus mengirim permintaan informasi lebih lanjut sampai situs benar-benar ditampilkan.

Apakah benar-benar ada perbedaan?

Ya. Halaman web akan dimuat lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan HTTP1.1. Kecepatan tinggi koneksi internet broadband berarti halaman web dimuat lebih cepat, tetapi protokol baru akan memungkinkan halaman web dan browser untuk mengambil keuntungan dari peningkatan bandwidth. Situs modern yang memiliki banyak gambar, teks dan data dapat dimuat lebih cepat. Protokol baru HTTP/2  juga akan mempercepat browsing mobile.

Apakah pengguna harus melakukan sesuatu untuk mendapatkan HTTP/2?

Tidak. Dari sudut pandang pengguna tidak ada perubahan selain kecepatan. Bilah halaman akan tetap menunjukkan http: //, dan browser akan secara otomatis beralih dari HTTP1.1 ke HTTP /2. Perlu diketahui, pengguna Google Chrome telah menggunakan protokol SPDY dengan layanan Google dan beberapa situs lainnya selama dua tahun terakhir dan mungkin belum menyadarinya.

Bagaimana dengan HTTPS?

Versi aman dari web yang digunakan oleh bank-bank, toko online, email dan layanan lainnya akan tetap sama. HTTP /2 memiliki dukungan penuh untuk enkripsi dengan cara yang sama pada HTTP1.1  dan tidak akan mengubah cara pengguna mengakses layanan yang aman.

HTTP /2 memerlukan versi perbaikan dari transport layer security (TLS1.2), yang telah distandarisasi pada tahun 2008 dan menawarkan keamanan yang lebih baik dari versi sebelumnya dan harus sudah digunakan oleh sebagian besar layanan.

Kapan pengguna  bisa melihat HTTP/2?

Standar HTTP/2 secara resmi telah disetujui oleh Internet Engineering Task Force dan akan segera dipublikasikan. Nantinya terserah situs web, layanan hosting dan perusahaan seperti Google untuk menerapkan standar HTTP/2.

Google telah mengatakan bahwa protokol SPDY saat ini akan ditarik guna mendukung HTTP/2 di Chrome pada awal tahun 2016. Sangat mungkin bahwa pengguna bisa melihat website dan layanan profil tinggi yang telah menerapkan SPDY, termasuk Google, Twitter, Facebook, WordPress dan Yahoo dalam waktu dekat.

Sumber: The Guardian

Sumber Gambar: Gizmodo