Twitter Kewalahan Menghadapi Pelecehan

twitter_2094423b

Chief Executive Officer Twitter, Dick Costolo mentakan bahwa ia telah mengambil tanggung jawab pribadi atas kewalahan Twitter dalam menangani pelecehan yang dilaporkan oleh pengguna. Pengakuan dari Dick Costolo tersebut keluar dari sebuah memo internal, di mana ia mengatakan bahwa Twitter seharusnya malu dengan cara menangani pelecehan dan bahwa ia harus mengambil tindakan yang lebih kuat di masa depan.

Twitter agak kewalahan berurusan dengan penyalahgunaan dan troll yang telah membuat jelek selama bertahun-tahun. Twitter kehilangan pengguna penting setelah pengguna tersebut  gagal menangani masalah trolling sederhana yang mereka hadapi setiap hari.

Dick Costolo mengatakan terus terang bahwa ia malu betapa jeleknya Twitter menghadapi isu tersebut selama ia menjabat CEO. Menurutnya hal tersebut tidaklah masuk akal dab ia bertanggung jawab penuh atas hal tersebut dan lebih  menanganinya di  depan.

Pelecehan, ancaman dan troll internet telah menjadi hal biasa di Twitter dalam beberapa tahun terakhir. Putri Robin Williams, Zelda Williams, meninggalkan platform Twitter tahun lalu setelah dikirimi gambar mengganggu mengenai kasus bunuh diri ayahnya. Kritikus feminis Anita Sarkeesian diancam dengan perkosaan, kekerasan seksual dan kematian oleh troll selama saga Gamergate setelah ia mengkritik cara perempuan digambarkan dalam video game.

Di Inggris, wartawan Caroline Criado-Perez juga menerima ancaman perkosaan setelah dia menyuarakan dukungannya untuk memperkenalkan Jane Austen. Pengguna Twitter Isabella Sorley dan John Nimmo mengaku mengirimkan pesan ke Ms Criado-Perez dan keduanya dipenjara tahun lalu.

Banyak orang percaya bahwa Twitter masih belum cukup berusaha untuk menghadapi troll, ancaman dan berbagai macam pelecehan tersebut sehingga banyak pengguna Twitter yang memutuskan untuk keluar dari Twitter. Meskipun terdapat tombol pelaporan dan penanganan pelaporan yang lebih cepat seperti yang dijanjikan, namun tampaknya hal tersebut belumlah berhasil dengan baik.

Pengakuan CEO Twitter Dick Costolo tersebut di atas menandakan bahwa Twitter memang kewalahan dalam menghadapi troll, ancaman, dan berbagai macam pelecehan yang dilakukan banyak pengguna Twitter. Tampaknya Twitter harus bersikap lebih keras dan berusaha lebih baik agar kenyamanan pengguna dalam menggunakan layanan Twitter membaik.

Sumber: The Telegraph