Vint Cerf: Cetak Foto Digital Anda atau Berisiko Kehilangan

7fb9f_056122000_1410340491-Vint_Cerf

Kapan terakhir Anda mencetak foto digital Anda? Pernahkah Anda menghitung seberapa banyak foto digital yang Anda ambil sejak Anda mulai  mengenal alat atau kamera yang dapat dengan mudah mengambil foto? Apakah Anda tidak berniat mencetak foto-foto digital tersebut?

Kemudahan dalam mengambil foto saat ini mendorong pengguna hampir setiap saat mengambil foto, terutama melalui smartphone. Jumlah foto yang diambil tersebut sedemikian bertumpuk sehingga hampir tidak mungkin lagi untuk mencetaknya. Namun, sebaiknya beberapa foto digital tersebut dicetak atau Anda harus kehilangannya untuk selamanya.

Hal ini dikemukakan oleh pelopor internet Vint Cerf. Vint Cerf mengatakan sudah saatnya untuk mulai menyelamatkan sejumlah besar data digital yang diproduksi sebelum mereka hilang selamanya.

Ia memperingatkan bahwa abad ke-21 bisa menjadi Dark Ages bagian kedua karena sedemikian banyak data sekarang disimpan dalam format digital. Ia mengatakan generasi mendatang akan sulit untuk memahami masyarakat saat ini karena teknologi maju sangat cepat sehingga file lama menjadi tidak dapat diakses di masa depan.

Menurut Vint Cerf,  kita tidak ingin kehidupan digital hilang. Jika kita ingin menjaga mereka dengan cara yang sama ketika kita melestarikan buku dan sebagainya kita perlu memastikan bahwa benda-benda digital tersebut bisa dinikamti jauh ke masa depan.

Terdapat masalah besar terkait dengan kemampuan untuk melestarikan dan menjalankan perangkat lunak selama jangka waktu tertentu, yaitu menemukan cara untuk membuat format digital yang masih dapat diakses dalam ribuan tahun ke depan.

Vint Cerf merekomendasikan penciptaan sistem yang tidak hanya akan menyimpan format digital, namun melestarikan rincian perangkat lunak dan sistem operasi yang dibutuhkan untuk mengaksesnya, sehingga dapat diciptakan di masa depan.

Apa yang dikhawatirkan oleh Vint Cerf ini adalah cerminan dari kebiasaan sebagian besar pengguna saat ini yang sangat bertumpu kepada format digital sehingga segala sesuatu digitalisasi seperti foto yang dibuat album digitalnya. Padahal format digital tersebut karena kemajuan teknologi bisa saja suatu waktu di masa depan tidak dapat lagi diakses sehingga hilang sama sekali.

Untuk itulah ia menyarankan untuk mencetak momen-momen penting yang ada tersebut. Artinya jangan hanya puas dalam bentuk digital, cetaklah foto-foto penting Anda yang menandai suatu peristiwa yang bisa diingat oleh anak atau cucu di kemudian hari.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: Acehmail