YouTube Kids, YouTube untuk Anak-anak

youtube-kids-app

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan semakin murahnya gadget seperti tablet, anak-anak makin banyak mengonsumsi konten digital, terutama video. Namun, orang tua perlu khawatir bahwa sumber video terbesar saat ini, yaitu YouTube tidak dirancang untuk anak-anak. Akibatnya banyak sekali konten video yang dikonsumsi oleh anak-anak yang tidak sesuai dengan umur mereka.

Lama-kelamaan, anak-anak akan menganggap konten yang mereka tonton di YouTube merupakan hal yang biasa. Konten kekerasan misalnya membuat anak-anak cenderung berlaku agresif karena mereka mencontoh apa yang pernah mereka tonton di YouTube. Hal yang lebih mengkhawatirkan adalah anak-anak sangat pintar meniru sehingga apa saja yang mereka tonton bisa saja mereka tiru dan lakukan.

Google sebagai pemilik YouTube menyadari hal ini. Untuk itulah mereka merilis aplikasi YouTube Kids App yang sementara ini hanya tersedia di Amerika Serikat. Aplikasi YouTube Kids ini memang dirancang untuk anak-anak dengan konten yang sesuai dengan umur dan mendorong kegiatan belajar mereka.

Aplikasi ini membuat anak-anak lebih aman dan lebih mudah bagi mereka untuk menemukan video tentang topik yang mereka ingin eksplorasi. Aplikasi YouTube Kids memiliki desain cerah dan lucu. Desain YouTube Kids membuat anak-anak  lebih mudah untuk menemukan video Pocoyo atau episode terbaru dari Sesame Street The Furchester Hotel.

Dengan gambar yang lebih besar, ikon yang lebih tebal dan lebih dari itu, cepat dan sederhana sesuai dengan jempol kecil anak-anak untuk menavigasi. Google juga memberikan kemampuan pencarian dengan suara sehingga jika anak-anak tidak bisa mengeja atau mengetikkan apa yang ingin mereka temukan, mereka masih bisa menemukan video dari hal-hal yang mereka ingin ketahui.

Tentu sangat layak untuk ditunggu aplikasi ini segera dirilis di Indonesia mengingat sangat banyak anak-anak yang mengonsumsi konten video yang tidak sesuai dengan usia dan perkembangan mereka.

Sumber: Google

Sumber Gambar: immortal.org