10 Fakta Berinternet di Negara Berkembang

girl-browsing-internet-on-tablet

Baru-baru ini  Pew Research Center melakukan survei terhadap ribuan orang di 32 negara berkembang tentang penggunaan teknologi mereka dan bagaimana meningkatnya internet memengaruhi kehidupan sehari-hari penduduk di negara berkembang.

Hasil survei tersebut memunculkan 10 fakta berinternet yang cukup menonjok di beberapa negara berkembang, yaitu sebagai berikut.

1. Hampir tidak ada satupun orang di Nigeria, Ghana, Bangladesh dan Uganda yang memiliki sambungan telepon tetap (fixed line). Survei PEW Research menunjukkan bahwa hanya 1% dari populasi di Nigeria, Ghana, Bangladesh dan Uganda mengatakan mereka memiliki telepon tetap, sementara 89% di Nigeria, 83% di Ghana, 76% di Bangladesh dan 65% di Uganda menggunakan ponsel.

2. Pengguna internet di China senang berbelanja. Sekitar setengah dari orang china yang online (52%) telah menggunakan internet untuk membeli produk dalam 12 bulan terakhir. Fakta ini bisa menjelaskan mengapa perdagangan raksasa seperti Alibaba dan Baidu meroket.

3. Orang Filipina mencintai jejaring sosial. Di antara pengguna internet dewasa di Filipina, 93% mengatakan bahwa mereka menggunakan situs jaringan sosial, seperti Facebook dan Twitter. Persentase ini merupakan yang tertinggi di negara-negara berkembang dan lebih besar dari pengguna internet AS yang hanya 74% yang menggunakan situs jejaring sosial.

4. Oran India dan Bangladesh menggunakan internet untuk mencari pekerjaan. Sangat sedikit orang di India dan Bangladesh menggunakan internet masing-masing hanya 20% dan 11%. Akan tetapi dari yang sedikit tersebut  mencari pekerjaan adalah kegiatan populer. Mayoritas pengguna internet di Bangladesh (62%) dan India (55%) mengatakan mereka telah mencari pekerjaan secara online pada tahun lalu, tertinggi di antara 31 negara yang disurvei.

5. Anak muda Thailand penggemar internet. Di  Thailand, 83% dari usia 18 sampai 34 tahun online, sedangkan yang berusia lebih dari 35 tahun hanya 27%.

6. Politik merupakan topik media sosial yang besar di Lebanon. Tiga perempat dari orang Lebanon yang menggunakan media sosial mengatakan mereka menggunakan media sosial untuk membahas politik. Jumlah ini sangat jauh dibandingkan di Indonesia yang hanya  19%.

7. Orang Ukraina mendapatkan berita politik mereka secara online. Secara keseluruhan, rata-rata 54% dari pengguna internet di seluruh negara-negara berkembang yang disurvei menggunakan internet untuk mendapatkan berita politik dan informasi. Akan tetapi di Ukraina angka itu jauh lebih tinggi, yaitu  delapan dari sepuluh orang.

8. Hampir delapan dari sepuluh orang Rusia memiliki komputer. Oleh karena munculnya smartphone, banyak orang di negara berkembang yang mengakses internet dari perangkat selain komputer pribadi. Namun sekitar delapan dari sepuluh orang Amerika (80%) dan Rusia (78%) memiliki komputerdi rumah mereka. Sebaliknya, hanya 3% orang di Uganda yang mengatakan mereka memiliki komputer di rumah.

9. Orang Venezuela suka mengambil foto dan video dengan ponsel mereka. Di Venezuela, mengambil fot dan video dengan ponsel sangat umum.  Tiga perempat dari pemilik ponsel (yang merupakan 88% dari populasi orang dewasa) menggunakan perangkat mereka untuk mengambil foto atau video.

10. Perempuan Polandia mengakses informasi medis online. Lebih dari enam-dari sepuluh pengguna internet di Polandia (64%) mengatakan mereka mendapatkan informasi kesehatan secara online dalam 12 bulan terakhir. 72% dari mereka yang mengakses informasi meds secara online ini adalah perempuan.

Sumber: PEW Research

Sumber Gambar: egiving.com