Beberapa Hal yang Diubah oleh Twitter

rsz_wpid-img_20150210_143347

Twitter kini sangat banyak digunakan oleh pengguna internet. Media sosial ini digunakan setidaknya 200 juta orang lebih di muka bumi. Menarik untuk dilihat apa saja yang telah berubah semenjak adanya Twitter.

1. Bisa Membuat dan Meninggalkan Diskusi Kapan pun

Sangat banyak pengguna Twitter yang membicarakan topik tertentu yang saling disukai, misalnya musik, teknologi, politik sampai dengan urusan remeh-temeh seperti sarapan dengan bubur ayam atau nasi uduk. Semenjak adanya Twitter kini berdiskusi atau membicara sesuatu menjadi sangat mudah. Tidak perlu menentukan waktu yang pas atau topik apa, setiap orang bisa memulai diskusi kapan saja dan di mana saja dan bisa pula meninggalkannya sesuka hati tanpa harus permisi. Dengan Twitter seseorang juga membuat tweet berseri yang bisa dibaca layaknya sebuah cerita sambung-menyambung yang bisa pula dijadikan bahan pembicaraan.

2. Melakukan Sanggahan kepada Brand/Perusahaan

Masih ingat dengan kolom surat pembaca di surat kabar atau majalah? Sampai sekarang hal ini masih terus berjalan, namun mungkin intensitasnya tidak seperti dulu lagi. Kini ada cara terbaru melakukan sanggahan atau ketidakpuasan terhadap produk atau layanan dari brand atau perusahaan, yaitu cukup dengan mention akun brand atau perusahaan tersebut di Twitter. Kemukakan apa yang dialami dan minta pertanggungjawaban atas layanan yang dinilai buruk.

Brand dan perusahaan terkemuka juga memiliki kepentingan yang cukup besar di media sosial seperti Twitter sehingga mereka membuat akun resmi untuk menangani keluhan pelanggan. Ini adalah sebuah interaksi yang menarik, terlebih karakter yang tersedia hanya 140 sehingga pengguna harus pintar untuk memanfaatkannya.

3. Memikirkan yang Terbaik untuk 140 Karakter

Jika di media sosial lain, pengguna bisa memasukkan sebanyak mungkin karakter, di Twitter hanya 140 sehingga pengguna perlu memikirkan bagaimana agar pesan tetap sampai tetapi kurang atau sama dengan 140 karakter tersebut. Hal ini membutuhkan beberapa trik agar apa yang disampaikan tetap bisa dimengerti oleh pengguna lainnya. Sebelum adanya Twitter pengguna media sosial seperti Facebook bisa bisa menuliskan karakter hingga 500 karakter.

4. Nge-Tweet Sambil Menonton Televisi

Acara televisi apa yang sedang banyak ditonton saat ini? Apa yang ditonton oleh orang tertentu di jam tertentu?

Semuanya bisa diketahui dari Twitter. Tengoklah bahwa kini pengguna Twitter sering sekali men-tweet apa yang mereka tonton di televisi. Tidak hanya itu, apa yang mereka makan, minum, daerah mana yang mereka kunjungi dapat diketahui secara realtime berkat adanya Twitter.

Sumber: Dirangkum dari Guardian