Data Pribadi Pelanggan TalkTalk Dicuri

keyboard_computer_1927001b

Data pribadi dari sejumlah pelanggan TalkTalk telah dicuri. Dalam beberapa kasus, data yang dicuri tersebut digunakan untuk melakukan penipuan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seperti akun bank dari korban.

TalkTalk adalah salah satu penyedia layanan internet terbesar di Inggris, dengan lebih dari empat juta pelanggan broadband. Dalam email ke pelanggan, TalkTalk mengaku pada akhir tahun yang lalu telah terjadi pencurian data yang kecil dan cukup signifikan. Sejumlah pelanggan telah dihubungi oleh orang-orang berpura-pura berasal dari TalkTalk.

Menurut juru bicara TalkTalk data yang diambil berasal dari sistem TalkTalk dan scammers mengutip nomor rekening TalkTalk dan nomor telepon untuk meyakinkan korban agar memperoleh akses ke komputer korban. Sejauh ini tidak terlalu jelas bagaimana data banyak pelanggan TalkTalk tersebut dicuri untuk pertama kalinya.

The Guardian melaporkan bahwa pengakuan ini sejalan dengan laporan mereka pada bulan Desember yang melaporkan adanya pelanggaran data yang terkait dengan salah satu pusat TalkTalk di India yang mengakibatkan pelanggan menerima panggilan penipuan melalui telepon. The Guardian  juga mencatat bahwa salah satu pelanggan telah ditipu lebih dari 4.000 dollar AS oleh penipu.

Dalam pernyataannya, TalkTalk menekankan bahwa rincian rekening bank dan informasi sensitif lainnya seperti tanggal lahir tidak  dicuri dalam pelanggaran tersebut.

Sumber: Giga Om