Filter Baru Twitter Hapus Abusive Tweet

rsz_wpid-img_20150210_143347

Sudah bukan rahasia bahwa Twitter kewalahan melawan penyalahagunaan Twitter oleh banyak pengguna. Tweet berisi ancaman, bahasa kasar atau berkonotasi kekerasan, atau akun spam yang melakukan tweet adalah pemandangan sehari-hari yang dapat ditemukan dengan mudah di timeline Twitter. Hal ini menjadikan platform Twitter kurang disukai oleh banyak selebriti.

Tentunya Twitter bukan tidak berusaha mengurangi tweet abusive atau penyalahgunaan tweet tersebut. Namun tampaknya usaha Twitter cenderung lebih tertinggal dibandingkan dengan banyaknya konten abusive yang menyerang banyak pengguna yang cukup terkenal. Kasus yang baru-baru ini terjadi adalah serangan terhadap anak Robin Williams, Zelda sehingga ia memutuskan untuk menutup akunnya di Twitter.

Untuk mengurangi tweet abusive tersebut, Twitter merilis filter kualitas baru yang bisa menghapus konten abusive dari timeline.

Filter tersebut bertujuan untuk menghapus semua tweet dari notifkasi  timeline yang berisi ancaman, bahasa yang kasar atau kekerasan, duplikasi konten, atau tweet yang dilakukan oleh akun yang mencurigakan (spam).

Twitter mengatakan bahwa filter tersebut saat ini hanya diterapkan untuk pengguna yang telah diverifikasi yang cenderung merupakan individu berprofil tinggi atau mereka yang bekerja untuk organisasi tertentu.

Dengan fitur baru dapat tersebut selebriti atau tokoh masyarakat tidak lagi menerima tweet abusive atau setidaknya jumlahnya berkurang secara signifikan dari yang pernah mereka alami selama ini. Namun demikian, sehendaknya Twitter sesegera mungkin merilis filter kualitas ini untuk semua pengguna Twitter agar interaksi di Twitter lebih baik.

Sumber: The Telegraph