Google Kembangkan Hasil Pencarian Berdasarkan Fakta

original

Internet diisi oleh sampah. Hal ini fakta yang tidak terelakkan. Sangat banyak situs yang menyesatkan berada di halaman depan hasil pencarian Google. Bila kita perhatikan situs-situs tersebut banyak yang dipertanyakan kebenaran dari informasi yang dimuatnya. Hal ini tidak lain karena situs tersebut lebih populer dibandingkan situs yang berisi fakta yang sebenarnya. Untuk itulah Google berusaha untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan fakta.

Mesin pencari Google saat ini menggunakan jumlah link masuk ke halaman web sebagai proxy untuk kualitas, menentukan di mana ia muncul dalam hasil pencarian. Jadi halaman yang memiliki link paling banyak berada pada peringkat paling tinggi. Sistem ini telah membawa pengguna pada mesin pencari seperti yang dikenal sekarang. Namun jeleknya, sistem ini bisa dimanfaatkan situs yang memutarbalikkan fakta untuk bisa tampil di peringkat tertinggi.

Sebuah tim peneliti yang dibentuk oleh Google mengadaptasi model tersebut untuk mengukur tingkat kepercayaan dari halaman daripada kepopulerannya di seluruh web. Sistem ini tidak menghitung link masuk, tetapi menghitung jumlah fakta-fakta yang salah dalam suatu halaman. Semakin sedikit fakta yang salah dari sebuah halaman, semakin dipercaya halaman tersebut.

Perangkat lunak tersebut bekerja dengan menekankan kepada Knowledge Vault, toko besar dari fakta yang telah ditarik Google dari internet. Fakta web dianggap proxy untuk kebenaran. Halaman web yang berisi informasi yang bertentangan akan mengalami penurunan peringkat.

Namun hal ini masihlah sebuah hasil penelitian yang entah kapan bisa diterapkan oleh Google. Meskipun sangat menarik karena memeringkat hasil pencarian berdasarkan fakta yang sebenarnya, hal tersebut tidaklah mudah untuk diterapkan karena fakta tentang sesuatu hal tertentu sangat banyak dan bisa saja saling bertentangan.

Meskipun demikian, karena internet saat ini sudah sangat dipenuhi oleh berbagai hal yang tidak bisa ditemukan kebenarannya, penelitian Google ini perlu dilanjutkan ke arah yang lebih serius. Keuntungan utama nantinya adalah pengguna internet bisa mempercayai fakta yang ia temukan dari hasil pencarian karena sudah terlebih dahulu disaring oleh Google.

Sumber: New Scientist

Sumber Gambar: Life Hacker