Museum Pertimbangkan untuk Melarang Tongsis

 

France Selfie Stick

Tongkat Narsis atau Tongsis kini tengah populer. Banyak pengguna smartphone tertarik membelinya karena bisa digunakan untuk mengambil foto selfie, baik sendiri atau beramai-ramai dari jarak yang agak jauh. Namun, mungkin dalam beberapa waktu ke depan beberapa tempat tidak membolehkan digunakannya Tongsis, salah satunya adalah museum.

Museum Paris berencana untuk melarang penggunaan Tongsis yang dirancang bagi orang untuk mengambil foto yang lebih baik dari diri mereka sendiri dengan ponsel. Penjaga di Istana Versailles sudah mulai mengingatkan pengunjung untuk menyingkirkan Tongsis mereka untuk menghindari potensi kerusakan kaca, perabotan atau karya seni. Larangan resmi akan diperkenalkan dalam beberapa minggu ke depan.

Pompidou Centre yang memamerkan seni modern juga berencana melarang penggunaan Tongsis. Mereka khawatir  gadget yang semakin populer tersebut berada beberapa inchi dari lukisan Mona Lisa dan lukisan terkenal lainnya yang sering dijadikan latar oleh wisatawan untuk foto souvenir.

Peter Greene seorang pengunjung dari Birmingham yang menggunakan Tongsis untuk mengambil foto keluarga dengan istri dan putrinya di luar Louvre mengatakan penggunaan Tongsis di luar ruang mungkin masih bisa diterima. Ia mengerti mengapa Tongsis mungkin menyebabkan masalah di ruang terbatas, terutama jika tempat tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Larangan penggunaan Tongsis di museum utama lainnya di Paris yang dikunjungi oleh lebih dari 20 juta pengunjung setahun bisa berdampak pada penjualan Tongsis.

Tongsis sebelumnya sudah banyak dilarang di lapangan olahraga, termasuk stadion White Hart Lane di London, dan pada konser musik O2 di LOndon untuk mencegah Tongsis menutupi pandangan penonton atau digunakan sebagai senjata.

Larangan penggunaan Tongsis juga berlaku di Wembley Arena dan di Washington Smithsonian, komplek museum dan penelitian terbesar di dunia. Penggunaan atau penjualan Tongsis yang tidak terdaftar adalah ilegal dan bisa dihukum dengan denda lebih dari 17.000 pound dengan alasan bahwa teknologi Bluetooth yang digunakan di Tongsis untuk mengontrol kamera jarak jauh bisa mengganggu sinyal telekomunikasi.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: Hunffington Post