Pengguna Tidak Mengetahui Facebook Menyaring News Feeds

DO_NOT_USE_2101575a

Pernahkah Anda mengalami pada waktu tertentu, orang-orang tertentu dalam jaringan pertemanan di Facebook tidak muncul dalam news feeds Anda? Apakah mereka melakukan un-friend ataukah ada sesuatu yang salah dari diri Anda sehingga Anda tidak lagi menerima update darinya?

Studi terbaru menunjukkan bahwa mayoritas pengguna sehari-hari Facebook tidak tahu bahwa Facebook membangun pengalaman mereka, mendorong posting tertentu ke news feeds mereka dan mengesampingkan yang lainnya. Hal yang lebih buruk lagi adalah banyak pengguna menyalahkan diri mereka sendiri, bukannya software Facebook ketika teman-teman atau keluarga menghilang dari news feeds.

Dalam kasus ekstrim, setiap kali Facebook menyesuaikan parameter, seseorang pengguna Facebook mulai tidak percaya diri untuk dicintai. Ini artinya pengguna Facebook cenderung menyalahkan diri mereka sendiri karena tidak munculnya beberapa teman dalam news feeds, padahal hal tersebut adalah pekerjaan algoritma Facebook.

Studi ini dilakukan oleh Motahhare Eslami seorang mahasiswa doktoral dari University of Illinois at Urbana-Champaign. Studi kualitatif baru ini menggunakan sampel 40 pengguna Facebook dan meneliti secara mendalam cara Facebook menyaring pengalaman mereka. Dari studi diketahui dua puluh lima dari sampel atau lebih dari 60 persen tidak tahu adanya algoritma filtering yang merupakan satu-satunya alat untuk melihat lebih dari seribu sinyal data dan menentukan apa yang harus ditunjukkan kepada pengguna.

Dengan tidak adanya pengetahuan tentang algoritma penyaring yang ditempatkan Facebook, pengguna Facebook terpaksa untuk mengembangkan teori-teori lain mengapa kehidupan sosial mereka berubah di Facebook. Beberapa pengguna menyalahkan diri karena telah menjadi buruk di Facebook. Pengguna Facebook merasa bahwa mereka kehilangan cerita teman-teman karena mereka scrolling atau kunjungan yang terlalu singkat atau terlalu jarang mengunjungi Facebook.

Pengguna lainnya menduga bahwa teman-teman mereka telah berhenti berbagi dengan mereka. Dugaan seperti ini muncul karena pengguna tidak mengetahui bahwa Facebook menyaring apa yang bisa atau tidak bisa dilihat oleh pengguna di news feeds mereka.

Sumber: fusion.net