Selamat Ulang Tahun ke-30 Dot Com!

rsz_com-image

Jika domain dot com adalah manusia, maka dot com saat ini sudah dewasa dan mungkin sudah berumah tangga di usianya yang ke-30. Dot com pertama kali dirilis pada tanggal 15 Maret 1985.

Dot com merupakan alamat web yang paling diakui di dunia. Saat ini terdapat 115 juta domain dot com yang terdaftar di seluruh dunia yang mewakili sekitar 42 persen dari semua alamat web.

Dot com awalnya diluncurkan oleh Departemen Pertahanan AS pada tahun yang sama dengan Live Aid dan rilis pertama kali film Back to Future. Dot com pada awalnya ditujukan sebagai sebutan internet untuk entitas komersial.

Perusahaan teknologi Symbolics merupakan pendaftar pertama nama domain dot com, yaitu symbolics.com pada tanggal 15 Maret 1985. Domain ini kemudian dibeli oleh XF.com pada tahun 2009 dan tetap menjadi domain dot com tertua di internet.

Pada awalnya dot com berkembang relatif lambat sebab hanya segelintir perusahaan yang mendaftarkan domain. Perusahaan yang pertama terlibat sebagian besar perusahaan teknologi, termasuk Intel dan Siemens mulai dari pertengahan hingga akhir 1980-an.

Namun demikian pada tahun 1997 jutaan domain dot com nama telah didaftarkan dan ledakan internet berjalan dengan baik. Hubungan dengan entitas komersial hilang ketika .com, .org dan .net dibuka untuk pendaftaran tidak terbatas pada pertengahan 1990-an.

Kemudian, internet berkembang dari sebuah fenomena yang tidak diketahui dan hanya digunakan terutama oleh para akademisi dan peneliti untuk komunikasi menjadi alat komunkasi dan perdagangan global yang membuat penggunanya takut kehilangannya.

Saat ini, situs dot com diakses triliunan kali setiap hari. Jutaan pengusaha telah membangun bisnis mereka secara online dengan dot com dan nama-nama terbesar dalam bisnis telah menamai perusahaan mereka dengan alamat dot com. Beberapa orang percaya bahwa dot com hampir identik dengan internet.

Menurut Jim Bidzos Presiden dan CEO di Verisign, operator pendaftaran resmi dot com, dot com lebih dari sekedar sebuah alamat. Dot com adalah merek yang diakui dan dihormati secara global, yang hampir setiap merek global, termasuk 100 persen dari perusahaan yang berada dalam daftar Fortune 500 telah mempercayakan kehadiran online mereka kepada dot com.

Namun demikian, dengan lebih dari 115 juta domain dot com yang sudah diambil oleh situs web atau investor menjadi tantangan bagi konsumen dan bisnis untuk memperoleh domain dot com pilihan mereka, kecuali mereka memiliki sangat banyak uang di dalam saku.

Ini artinya ketersedian domain dot com makin menipis, sedangkan permintaannya tetap tinggi sehingga harganya melambung. Diperkirakan hanya mereka yang memiliki banyak uang saja yang bisa membeli domain dot com saat ini.

Sumber: The Telegraph

Sumber Gambar: 813magazine.com