Sensor dan Jam Tangan Menggantikan Emoji di Yahoo Mail

yahoo-mail-copy-664x374 (1)

Saat ini emoji begitu terkenal. Banyak pengguna internet menampilkan emosi mereka dengan memberikan emoji, entah itu di tweet, update status maupun di email. Namun mungkin hal ini, beberapa tahun ke depan akan usang dan digantikan oleh sensor yang ada di smartphone dan jam tangan. Setidaknya hal ini dipercaya oleh Jeff Bonforte, pimpinan Yahoo Mail.

Saat ini kita mungkin puas dengan menambahkan emoji di pesan untuk mengekspresikan perasaan. Namun hal ini bisa akan tampak usang dalam beberapa tahun. Oleh karena itu Yahoo ingin menggunakan sensor di smartphone untuk menambahkan emosi dan sensasi di email.

Yahoo percaya bahwa wearable devices seperti jam tangan dapat dipakai untuk menunjukkan stres seseorang atau suhu dengan mengambil konten yang ada dalam sebuah email.

Jeff Bonforte  percaya email dan komunikasi teks akan berubah dalam tahun-tahun mendatang dengan sensor menampilkan lebih banyak emosi dalam pesan. Ia mengatakan bahwa jam tangan pintar yang dipakai di pergelangan tangan bisa menunjukkan stres dan smartphone menjadi dingin jika email seseorang berasal dari tempat yang dingin. Menurutnya pesan harus lebih intim dan  itulah yang sedang ia perjuangkan.

Namun demikian, sentimen terutama sarkasme sangat sulit untuk diambil dari dalam teks. Contoh seorang pengirim berniat untuk menulis email ramah atau bercanda, tetapi malah diartikan kasar. Sebuah studi tahun 2005 oleh ilmuwan perilaku di New York University menemukan bahwa asumsi yang tidak akurat sering dibuat oleh penerima email.

Untuk mengatasi masalah ini Yahoo meyakini berbagai sensor yang sudah ada di smartphone seperti termometer, accelerometer dan giroskop serta monitor denyut jantung dan pedometer di smartwatches dapat digunakan. Dengan memanfaatkan sensor, teknologi pesan emosional bisa menjadi keseharian.

Yahoo akan menggunakan Yahoo Mail sebagai ajang pengujian untuk teknologi tersebut karena mengingat bahwa layanan tersebut memiliki sekitar 225 juta orang yang menggunakannya setiap bulan.

Sumber: Daily Mail

Sumber Gambar: Softonic