Siapa yang Membeli Top Level Domain Baru?

Domain-names

Beberapa tahun yang lalu hanya dikenal segelintir top level domain, yaitu .com, .net, dan .gov. Namun kemudian organisasi yang mengelola domain membuka pasar yang menguntungkan bagi ratusan domain baru dan menjualnya kepada penawar tertinggi.

Di tahun 90-an pemeliharaan internet hanya dilakukan oleh di satu orang, yaitu seorang ilmuwan komputer di bagian penggajian Departemen Pertahanan AS yang disebut Jon Postel. Kemudian pemerintah AS mebentuk sebuah badan nirlaba yang disebut Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) untuk mengambil alih tugas Jon Postel tersebut.

ICANN bertugas melacak siapa yang memiliki nama domain dan memelihara berbagai sistem yang mendukung internet dan World Wide Web. Beberapa tahun yang lalu ICANN mulai menciptakan dan melelang top level domain baru.

Hal tersebut tidak hanya memberikan penghasilan (top level domain ini dijual dengan harga puluhan juta dolar), tetapi juga menciptakan lebih banyak ruang di internet yang semakin padat bagi perusahaan untuk mendapatkan nama domain yang sesuai dengan merek dagang atau nama produk mereka.

Namun demikian tidak semua top level domain merupakan nama brand.  Google contohnya telah membeli domain .app yang agak generik dengan harga sekitar 25 juta dollar. Hal ini memberikan hak tunggal kepada Google  untuk membuat alamat web seperti Google.app atau Android.app, dan untuk mengenakan biaya kepada orang lain jika mendaftarkan domain lainnya.

Bahkan, Google mengatakan bahwa akan mulai beroperasi sebagai registry dan mengenakan biaya bagi siapa saja yang menyewa nama domain di bawah berbagai domain tingkat atas yang telah mereka dibeli. Sejauh ini Google telah memiliki atau sedang dalam proses pembelian berbagai domain seperti .PhD, .how, .meme dan .new.

Siapa lagi yang membeli top level domain? Amazon baru-baru ini mengalahkan Google dalam lelang untuk domain .buy dengan biaya sekitar 4,6 juta dollar.

Uniregistry telah membeli domain .mom dan mengeluarkan pernyataan bahwa hal tersebut  menghormati semua ibu dengan menyediakan ruang online mereka sendiri di mana mereka dapat membangun identitas online pribadi.

Domain registry lain, yaitu Donut telah membeli .family dan .fyi. Selain itu, sebuah konsorsium, yaitu Financial Services Roundtable and the American Bankers Association berkumpul untuk membeli .bank dengan harapan menggunakannya untuk meningkatkan kepercayaan terhadap online banking.

Dapat disimpulkan top level domain tersebut memiliki harga yang tidak murah. Banyak perusahaan atau brand berusaha membeli top level domain karena mungkin sesuai dengan nama brand atau sektor tempat mereka bekerja.

Sumber: The Telegraph