Situs Phishing Netflix Menyasar Pengguna Eropa

phishing

Sebuah situs web simulasi palsu dari situs video streaming internet populer Netflix telah dibentuk untuk menyasar pengguna Eropa berupa informasi pribadi dan kartu pembayaran. Hal ini dikemukakan oleh perwakilan dari aplikasi  Malwarebytes.

Situs palsu tersebut dengan domain (nefixx.co.uk) meniru dari situs Neflix Inggris (netflix.co.uk), menyerupai situs yang sah tersebut dan menawarkan uji coba Netflix.

Untuk mendaftar layanan di situs palsu, pengguna akan diminta untuk memasukkan nama mereka, alamat, nomor ponsel, tanggal lahir, nomor kartu pembayaran, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanan.

Ini bukan pertama kalinya penipu menggunakan pendekatan situs palsu yang menyerupai situs asli untuk memanen informasi pengguna. Seperti sebelumnya, domain yang seakan-akan mirip (adanya kesalahan kecil yang tidak diperhatikan pengguna) telah didaftarkan beberapa hari sebelum mereka memulai skema penipuan  melalui Crazy Domains FZ-LLC.

Kampanye ini cenderung menargetkan pengguna Inggris dan Eropa. Para penipu menggunakan URL yang panjang untuk halaman form, yang merupakan taktik yang efektif untuk mengelabui pengguna agar percaya bahwa mereka mengunjungi sebuah halaman yang sah, terutama ketika pengguna menggunakan perangkat dengan layar kecil. Pengguna diarahkan ke situs phishing melalui email iklan palsu bertema Netflix.

Situs phishing tersebut telah dimatikan untuk sementara, tetapi terdapat fakta bahwa kampanye ini cukup efektif sehingga sering digunakan oleh penipu sehingga pengguna disarankan untuk berhati-hati ketika menerima penawaran melalui email.

Sumber: net-security.org

Sumber Gambar: oficinadanet.com.br