Tweet Bisa Menunjukkan Sifat Anda Sebenarnya

rsz_retweet

Pernahkah memikirkan sekian banyak tweet yang pernah Anda lakukan? Kira-kira pribadi seperti apa Anda jika dianalisis dari Tweet yang pernah Anda lakukan?

Tidak peduli apakah Anda menggunakan Twitter untuk berbagi berita dan emosi atau untuk mengeluh terhadap brand, apa yang Anda tulis di Twitter mungkin mengatakan lebih lanjut tentang Anda dari apa yang Anda pikirkan.

Saat ini tersedia alat interaktif yang dapat menganalisis tweet dan penciptanya mengklaim dapat mengungkapkan kepribadian Anda dengan melihat bagaimana Anda menggunakan kata-kata (yang di-tweet di Twitter).

Alat ini disebut Analyse Words di situs analyzewords.com. Alat ini bisa menghasilkan gaya emosional pengguna dan mengatakan apakah mereka optimis, khawatir, marah atau tertekan, serta mengungkapkan seseorang gaya sosial dan berpikir.

Dari analisis Tweet yang dilakukan terhadap akun @internetsehat hasilnya dapat dilihat sebagai berikut.

rsz_ist

Alat ini diciptakan oleh James Pennebaker, seorang psikolog di University of Texas yang mempelajari hubungan antara bahasa dan kepribadian. Untuk mendapatkan hasil, pengguna hanya perlu memasukkan akun Twitter mereka dan tekan tombol Analyse Tweets.

Hal yang paling menggugah rasa ingin tahu adalah bahwa alat ini bisa memberitahu Anda apakah Anda  optimis, khawatir, marah dan depresi dalam bentuk persentase yang dianalisis dari Tweet. Seperti terlihat di atas, akun @internetsehat ternyata memilik emosi khawatir dan depresi yang lebih besar dibandingkan dengan marah dan upbeat.

Untuk diketahui, ini hanyalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk menganalisis tweet dan hasil yang dimunculkan belum tentu sebuah kebenaran. Namun tetap penting untuk melihat arah tweet yang dilakukan selama ini.

Sumber: Daily Mail