Twitter Buka Kantor di Indonesia

383456_620_tempoco

Besarnya jumlah pengguna internet serta karakter masyarakat yang gemar berinteraksi melalui jejaring media sosial membuat Indonesia memiliki magnet kuat bagi raksasa-raksasa perusahaan media sosial. Setelah Oktober 2014 CEO Facebook Mark Zuckerberg bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi), kali ini giliran CEO Twitter Dick Costolo menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Costolo mengatakan, kedatangannya merupakan bentuk keseriusan perusahaan media sosial tersebut untuk menggarap pasar Indonesia. Apalagi dengan pengguna Twitter yang mencapai 50 juta, Indonesia mencatat pertumbuhan paling pesat dan salah satu pasar Twitter terbesar di dunia.

”Karena itu, kami mulai buka kantor resmi di sini (Jakarta),” ujarnya di Istana Wakil Presiden kemarin (26/3).

Kantor di Jakarta merupakan yang kedua di Asia Tenggara setelah Twitter membuka kantor di Singapura. Menurut Costolo, hadirnya Twitter banyak mewarnai kehidupan masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Dia menyebut, Twitter menghubungkan jutaan manusia untuk berbagi info, mulai informasi banjir, lalu lintas, hingga penggalangan kekuatan sosial maupun politik. ”Bahkan, Pak Wapres juga menggunakan Twitter,” katanya. Saat ini JK memiliki akun resmi @Pak_JK yang sudah diverifikasi Twitter.

Costolo berjanji hadirnya Twitter di Indonesia akan memberikan manfaat bagi pengembangan industri kreatif. Saat ini Twitter sudah menjajaki kerja sama dengan beberapa pelaku industri kreatif dalam pengembangan aplikasi mobile. Salah satunya adalah proyek website PetaJakarta.org yang memberikan informasi seputar banjir di Jakarta. ”Kami juga akan menggandeng artis, musisi, dan industri televisi,” ucapnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengakui, keseriusan Twitter masuk ke Indonesia adalah berita menggembirakan karena membuka banyak peluang kerja sama dengan para pelaku industri kreatif. Apalagi dengan adanya Badan Ekonomi Kreatif, pemerintah serius mendorong pengembangan industri kreatif.
”Anak-anak muda juga banyak menggunakan Twitter untuk hal-hal positif,” ujarnya.

Sebagai wakil presiden maupun ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI), JK juga merasa terbantu dengan adanya Twitter sebagai sarana komunikasi yang efektif dengan masyarakat, khususnya saat penanganan musibah bencana alam atau gerakan donor darah masal. ”PMI banyak mendapatkan info dari masyarakat via Twitter. Itu sangat membantu,” katanya.

Country Business Head Twitter Indonesia Rick Mulia menyebut, pengembangan Twitter di Indonesia akan berfokus pada empat hal. Pertama, user atau pengguna. Misalnya, melalui kerja sama dengan Pulse Lab Jakarta dan Bappenas. ”Dari situ, Twitter akan dipakai untuk memperoleh masukan seputar isu sosial dan kemanusiaan seperti pangan, kesehatan, dan polusi,” ujarnya.

Fokus kedua adalah pelaku bisnis. Strateginya adalah membantu pelaku UKM untuk memasarkan produknya melalui Twitter. Fokus ketiga adalah pendidikan melalui program beasiswa #Twitter4WaniTek yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Itu merupakan program beasiswa Twitter pertama di dunia. Fokus keempat adalah komunitas. Bentuknya, antara lain, Akademi Berbagi, ECPAT Indonesia, Girls in Tech Indonesia, ICT Watch, dan Onno Centre.

Terkait dengan kantor, Rick menyatakan, Twitter menyewa ruang perkantoran di kawasan pusat bisnis Sudirman atau Sudirman Central Business District (SCBD). Saat ini jumlah karyawan Twitter di Indonesia baru dua orang. ”Jumlahnya akan bertambah seiring pengembangan organisasi,” katanya. (owi/c6/end/jpnn/zal)

Sumber: Kaltim Pos

Sumber Gambar: Tempo