Akses Internet di Pesawat Memberikan Peluang Bagi Hacker

rsz_hacker

Saat ini berbagai maskapai penerbangan menyediakan akses internet di pesawat sehingga memungkinkan penumpang untuk tetap bisa berselancar di internet. Namun demikian hal tersebut bukan tanpa kemungkinan risiko.

Akses internet tersedia di penerbangan komersial memungkinkan hacker untuk menjatuhkan pesawat. Hal ini diperingatkan oleh Government Accountability Office Amerika Serikat beberapa hari yang lalu.

Temuan Government Accountability Office menyajikan skenario baru yang mungkin saja membuat ngeri para penumpang. Laporan tersebut tidak mengatakan bahwa hacker bisa dengan mudah melakukan serangan atau sangat mungkin melakukan serangan. Namun menunjukkan bahwa upaya maskapai penerbangan dan Federal Aviation Administration untuk memodernisasi pesawat dan melakukan pelacakan penerbangan berbasis teknologi internet, membuat hacker memiliki kerentanan baru yang bisa mereka eksploitasi.

Menurut laporan tersebut, FAA dan ahli cybersecurity mengatakan kepada penyelidik bahwa penerbangan mengandalkan firewall untuk menciptakan hambatan (bagi penyerang), tetapi karena firewall adalah software, mereka bisa di-hack.

Dalam laporan GAO para ahli cybersecurity yang diwawancarai mengatakan bahwa konektivitas internet di kabin harus dianggap sebagai hubungan langsung antara pesawat dan dunia luar yang bisa saja seorang aktor potensial yang membahayakan. Chris Roberts, pendiri OneWorld Labs, sebuah perusahaan intelijen keamanan cyber di Colorado mengatakan bahwa kerentanan ada di sistem hiburan dalam penerbangan. Skenario terburuk adalah bahwa teroris dengan laptop duduk di antara penumpang dan mengambil kendali pesawat menggunakan koneksi WiFi penumpang.

Sumber: Fox News