Baterai Aluminium-ion Bisa Terisi Penuh dalam Satu Menit

battery-life

Perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet sangat bergantung kepada baterai. Baterai Lithium-ion yang saat ini ada di smartphone/tablet secara perlahan terus membaik, tetapi tampaknya jenis baterai ini tidak bisa mengikuti apa yang seluruh dunia teknologi dibutuhkan. Banyak jenis lain dari teknologi baterai telah muncul selama bertahun-tahun, tetapi tidak ada seefisien atau sekuat lithium-ion. Namun hasil penelitian dari Universitas Stanford mungkin bisa mengubah semua itu.

Peneliti di Universitas Stanford baru saja menghasilkan tipe baru baterai, yaitu aluminium-ion. Baterai ini terbuat dari aluminium dan grafit, menawarkan alternatif murah dan efisien untuk teknologi baterai saat ini. Prototipe baterai fleksibel dan tahan lama tersebut dapat terisi penuh dalam waktu sekitar satu menit lebih.

Hongjie Dai profesor kimia di Stanford, menjelaskan bahwa mereka telah mengembangkan baterai isi ulang aluminium yang dapat menggantikan perangkat penyimpanan yang ada, seperti baterai alkaline yang buruk bagi lingkungan dan baterai lithium-ion yang kadang-kadang bisa terbakar. Baterai baru tersebut tidak akan terbakar, bahkan jika ada yang mencoba membakarnya.

Masalah terbesar baterai aluminium-ion di masa lalu adalah tidak adanya material yang mampu menghasilkan tegangan yang cukup setelah siklus pengisian berulang-ulang. Baterai aluminium di masa lalu biasanya mati setelah hanya 100 kali isi ulang. Akan tetapi baterai dari Stanford ini akan mampu menahan 7.500 siklus pengisian tanpa kehilangan kapasitas apa pun. Untuk perbandingan, baterai lithium-ion standar bisa diisi ulang sekitar 1.000 kali siklus pengisian.

Untuk saat ini, baterai aluminium ini masih jauh dari sempurna. Ia hanya dapat menghasilkan sekitar 2 volt, jauh dari 3,6 volt yang dihasilkan oleh baterai lithium-ion standar. Akan tetapi, aluminium merupakan logam yang lebih murah daripada lithium. Aluminium hanya dapat membawa 40 watt listrik per kilogram dibandingkan dengan lithium yang mencapai 100-206 watt.

Baterai baru ini memiliki kelebihan lain, yaitu elektroda murah, pengisian cepat, keamanan yang tinggi, fleksibilitas, daya tahan dan umur panjang siklus pengisian. Semoga saja baterai baru ini benar-benar bisa dinikmati pengguna.

Sumber: Android Authority

Sumber Gambar: Phone Arena